kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,45   -7,93   -0.80%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 6 Penyebab Benjolan di Leher Selain Gondongan yang Perlu Diwaspadai


Selasa, 08 Maret 2022 / 11:55 WIB
Ketahui 6 Penyebab Benjolan di Leher Selain Gondongan yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Ilustrasi benjolan di leher.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Kebanyakan orang mengira penyebab benjolan di leher disebabkan oleh gondongan. Namun, ternyata benjolan tersebut bisa disebabkan oleh gejala lain loh. 

Pasalnya, penyebab benjolan juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan organ tubuh di area tersebut, seperti telinga, tenggorokan dan lain sebagainya.

Ukuran, tekstur dan rasa sakit benjolan di leher biasanya menggambarkan penyebabnya. Jika Anda mengalami benjolan di leher segeralah untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda ke dokter atau tenaga medis terdekat agar bisa segera ditangani. 

Baca Juga: 4 Cara Aman Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Mudah Tanpa Obat

Melansir dari Health Grades, ada beberapa penyebab munculnya benjolan di leher yang perlu diwaspadai. Di antaranya: 

1. Autoimun

Waspada penyebab benjolan di leher bisa disebabkan oleh penyakit autoimun. Salah satu penyakit autoimun yang dimaksud adalah penyakit lupus. Oleh karena itu segeralah periksa jika benjolan menimbulkan berbagai gejala lain.

2. Infeksi

Adanya infeksi beberapa organ di area leher juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan. Contohnya, seperti flu, amandel, infeksi telinga di beberapa kasus menimbulkan gejala munculnya benjolan di leher. 

3. Kista

Penyebab benjolan di leher lainnya bisa disebabkan oleh kista. Kista adalah kantung berisi cairan yang biasanya ada di bawah lapisan kulit. 

Baca Juga: Susah Tidur di Malam Hari? Simak 5 Cara Mengatasi Insomnia Ini

4. Gigitan Serangga

Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan hati-hati terhadap gigitan serangga. Pasalnya, gigitan serangga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di leher. Segeralah memeriksakan ke dokter sebelum benjolan menjadi lebih parah. 

5. Tumor dan Kanker 

Tumor dan kanker merupakan penyebab munculnya benjolan di leher yang sangat perlu Anda waspadai. Segeralah periksa benjolan sebelum berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri. 

6. Alergi Obat dan Makanan 

Bagi sebagian orang yang alergi terhadap obat atau makanan tertentu dapat menimbulkan benjolan di leher juga loh. Maka dara itu, hindari makanan atau obat yang dapat menimbulkan reaksi alergi. 

Demikian beberapa penyebab benjolan di leher yang perlu Anda waspadai. Disarankan untuk segera periksa ke dokter agar penyebab benjolan tersebut bisa segera diobati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×