Ketahui 6 Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Senin, 14 Maret 2022 | 12:56 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ketahui 6 Khasiat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

ILUSTRASI. Khasiat daun kelor bagi kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Daun kelor adalah salah satu jenis tanaman tropis yang kerap dijadikan obat herbal dan tradisional karena mengandung banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. 

Karena sudah banyak terbukti khasiatnya, daun kelor juga kerap dijadikan salah satu bahan berbagai jenis suplemen kesehatan. 

Bahkan, sebagian orang menggunakan daun kelor sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi. Salah satunya ibu hamil, karena daun kelor mempunyai khasiat yang bisa meningkatkan produksi ASI. 

Selain itu, dilansir dari Thailand Medical News ada beberapa khasiat daun kelor lain, di antaranya: 

1. Membantu mengobati anemia 

Khasiat daun kelor yang pertama adalah bisa dijadikan obat alami untuk penderita anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, daun kelor mengandung cukup banyak zat besi, protein dan berbagai nutrisi lain yang bisa membantu meningkatkan sel darah merah. 

Baca Juga: Kenali 5 Obat Alami Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Dicari

2. Mencegah kanker 

Selain itu, khasiat daun kelor lainnya adalah dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, mengonsumsi daun kelor secara rutin juga bisa membantu proses kemoterapi menjadi lebih efektif. 

3. Melindungi Liver 

Mengkonsumsi daun kelor juga dapat melindungi liver loh. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam daun kelor mampu menyaring racun-racun dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Baca Juga: 6 Manfaat Madu Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Beran Badan Loh

4. Menjaga kesehatan ginjal 

Daun kelor juga mempunyai manfaat yang bisa menjaga organ tubuh lain, yaitu ginjal. Kandungan kalsium oksalat dalam daun kelor mempunyai khasiat bisa mencegah batu ginjal. 

5. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat daun kelor selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam daun kelor mampu meningkatkan produksi kolagen serta menutrisi kulit secara maksimal. 

Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat munculnya tanda-tanda penuaan alias jadi awet muda. 

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini Manfaat Kolang-Kaling untuk Kesehatan

6. Meredakan peradangan 

Daun kelor mengandung antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, vitamin, dan masih banyak lagi nutrisi yang baik bagi kesehatan lainnya.

Dengan banyaknya kandungan tersebut, daun kelor mempunyai khasiat yang dapat meredakan berbagai macam peradangan atau inflamasi sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit. 

Meski mempunya banyak khasiat, Anda tidak boleh mengonsumsi daun kelor secara berlebihan. Serta, sebaiknya konsultasi dengan dokter agar tidak muncul efek samping dan memaksimalkan manfaat bisa didapatkan dari daun kelor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru