kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 6 Cara Mengatasi Bibir Hitam dan Gelap Pakai Bahan Alami


Sabtu, 09 September 2023 / 13:45 WIB
Ketahui 6 Cara Mengatasi Bibir Hitam dan Gelap Pakai Bahan Alami


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi bibir hitam dan gelap dengan bahan alami. Kesehatan bibir cukup penting untuk membantu dalam berpenampilan.

Pigmen yang disebut melanin memberi warna pada kulit. Melanin yang lebih sedikit menciptakan warna kulit yang lebih ringan, sedangkan melanin yang lebih banyak menciptakan warna kulit yang lebih gelap.

Jika kulit mulai menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya, hal ini dapat menyebabkan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi menyebabkan timbulnya bercak-bercak kulit yang lebih gelap dari kulit di sekitarnya.

Baca Juga: Ini 8 Tanda Bayi Dehidrasi beserta Cara Mengatasinya, Orang Tua Wajib Tahu

cara mengatasi bibir hitam dan gelap

Contoh umum dari hiperpigmentasi adalah bintik-bintik penuaan. Kondisi ini terkait dengan paparan sinar matahari, dan banyak orang menganggapnya tidak berbahaya.

Hal ini dapat mempengaruhi hampir semua area tubuh, termasuk bibir. Bibir yang hitam dan gelap bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Penyebab bibir hitam dan gelap

  • Kebiasaan merokok: Asap rokok mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit dan membuat bibir menjadi gelap dan hitam.
  • Paparan sinar matahari: Paparan sinar matahari secara berlebihan juga dapat merusak kulit bibir dan menyebabkan bibir menjadi gelap.
  • Dehidrasi: Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, sehingga kulit bibir menjadi lebih gelap.
  • Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai: Beberapa jenis kosmetik seperti lipstik yang mengandung bahan kimia tertentu juga dapat menyebabkan bibir menjadi gelap.
  • Faktor genetik: Beberapa orang mungkin memiliki warna bibir yang cenderung lebih gelap dan hitam karena faktor genetik.

Untuk mencegah bibir hitam dan gelap, penting untuk menjaga kesehatan bibir dengan cara rutin melembapkan bibir dengan lip balm atau petroleum jelly.

Selain itu, kurangi kebiasaan merokok, menghindari paparan sinar matahari secara berlebihan, dan mengonsumsi cukup cairan untuk mencegah dehidrasi.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menjadi langkah praktis mengatasi bibir hitam dan gelap dilansir dari Medical News Today.

Baca Juga: Selain Mual, Ini Tanda Tubuh Kebanyakan Minum Air Putih

Cara mengatasi bibir hitam dan gelap

1. Minyak Zaitun

Langkah pertama untuk mengatasi bibir hitam dan gelap adalah penggunaan bahan aktif.

Bahan pertama yang efektif mengatasi bibir hitam adalah minyak zaitun yang mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin C yang berguna untuk memperbaiki warna bibir.

Kandungan itu mampu melindungi bibir dari efek sinar UV dan meningkatkan produksi kolagen. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun secara rutin di bibir Anda.

Setelah beberapa waktu, bibir hitam dan gelap akan terlihat lebih cerah dan lembut.

2. Air Lemon

Kemudian, ada cara mengatasi bibir hitam dan gelap dengan air lemon. Nah, langkah memanfaatkan air lemon mudah di atasi oleh pemilik bibir yang terlihat kurang sehat.

Kandungan zat asam yang terkandung dalam lemon berperan sebagai pencerah alami yang bisa memerahkan bibir.

Nah, gosokkan irisan lemon secara perlahan pada bibir tiap malam dan cuci bibir dengan air pada pagi hari.

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan beserta bahan alami lainnya.

3. Almond dan Susu

Nah, ada juga bahan alami selanjutnya untuk mengatasi bibir hitam dan gelap. Anda perlu merendam satu hingga dua kacang almond selama semalaman terlebih dahulu.

Di pagi hari, giling kacang tersebut bersama dengan susu. Selain menggiling kacang almond, Anda bisa langsung memakai kacang almond dalam bentuk bubuk.

Setelah Anda mencampur dua bahan itu hingga berbentuk pasta, oleskan pada bibir lalu diamkan dulu selama tiga hingga lima menit lalu, bilas dengan air hangat.

4. Stroberi

Selanjutnya, ada bahan alami selanjutnya sebagai cara mengatasi bibir hitam dan gelap adalah buah stroberi.

Kandungan antioksidan dalam buah tersebut mencerahkan bibir secara natural. Pertama, tumbuk stroberi hingga halus dan aplikasikan stroberi pada bibir sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Minyak Almond

Minyak almond adalah bahan alami selanjutnya yang bisa Anda pilih sebagai pencerah bibir. Vitamin dan mineral penting dalam minyak almond mampu mengatasi hiperpigmentasi yang membuat bibir hitam dan mencegah bibir menjadi dehidrasi.

Anda hanya perlu menggosokkan minyak almond pada bibir tiap malam. Setelah itu, bilas dengan air di pagi hari. Anda perlu melakukannya secara rutin supaya hasilnya bisa Anda dapat dalam beberapa bulan.

6. Minyak Kelapa dan Lidah Buaya

Cara lain untuk mengatasi bibir hitam dan gelap adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa dan lidah buaya.

Kandungan dalam lidah buaya bertugas sebagai antiinflamasi sehingga membantu proses penyembuhan. Hal itu semakin tertolong karena vitamin E dalam minyak kelapa bisa melembabkan bibir.

Pertama, campur gel lidah buaya dengan beberapa tetes minyak kelapa sesuai dengan kebutuhan Anda. Aduk hingga rata lalu oleskan pada bibir sebagai lip balm.

Apabila campuran lidah buaya dan minyak kelapa masih tersisa, simpan ke kulkas untuk digunakan di hari berikutnya.

Itulah panduan dan cara mengatasi bibir hitam dan gelap dengan bahan alami yang mudah diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×