Ketahui 5 makanan yang dilarang untuk penyakit jantung

Sabtu, 25 September 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ketahui 5 makanan yang dilarang untuk penyakit jantung

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Makanan yang dilarang untuk penyakit jantung perlu Anda batasi. Dengan begitu, kondisi jantung dan tubuh secara menyeluruh bisa tetap sehat.

Melansir Health Grades (healthgrades.com), hindari makanan-makanan yang mengandung banyak natrium, gula, dan lemak jenuh. Beberapa kandungan itu bisa memperburuk kondisi jantung dan tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain menghindari beberapa makanan ini, pastikan untuk tetap rutin melakukan konsultasi, ya. Jika ada obat yang disarankan dokter, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara teratur. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa selalu terjaga.

Minuman Bersoda

Anda perlu membatasi minuman bersoda karena jenis minuman itu mengandung banyak gula. Jika asupan gula terlalu banyak, jumlah gula darah dalam tubuh Anda dapat melonjak. Hal itu dapat menekan pembuluh darah yang mana berpengaruh pada kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Daftar makanan dan minuman pantangan penderita asam urat

Gorengan

Kentang goreng atau jenis gorengan lain termasuk makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Jenis makanan itu mengandung banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol. Saat jumlah kolesterol tak terkontrol, tekanan darah menjadi terhambat sehingga meningkatkan risiko sakit jantung.

Cokelat Susu

Apakah Anda suka mengonsumsi cokelat susu? Ternyata, jenis makanan itu tak baik untuk kesehatan jantung, lo. Jika Anda memang ingin mengonsumsi cokelat, cobalah untuk beralih ke cokelat hitam. Alasannya karena cokelat hitam mengandung lebih banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Perlu dihindari, ini 5 pantangan tekanan darah tinggi

Daging Merah Berlemak

Makanan lain yang sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung adalah daging merah berlemak. Mengutip dari Health Grades, jenis daging itu mengandung banyak lemak yang bisa memparah jumlah kolesterol dalam tubuh Anda.

Daging Olahan

Daging olahan adalah makanan yang dilarang untuk penyakit jantung.

Selain lemak dalam daging merah, daging olahan juga termasuk dalam makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Daging olahan yang ada di burger, hotdog, atau jenis makanan lain mengandung banyak natrium dan nitrat.

Mengonsumsi terlalu banyak daging olahan mengakibatkan tekanan darah tinggi sulit terkontrol. Risiko serangan jantung pun tak dapat Anda hindari. Alih-alih mengonsumsi jenis daging tersebut, cobalah untuk makan daging dada ayam atau daging kalkun supaya lebih sehat.

Selanjutnya: 8 Cara menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi maksimal sampai usia senja

Editor: Belladina Biananda
Terbaru