kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 4 Cara Ampuh Menghilangkan Kutil, Gunakan Bahan Alami Ini


Sabtu, 02 April 2022 / 14:10 WIB
Ketahui 4 Cara Ampuh Menghilangkan Kutil, Gunakan Bahan Alami Ini


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Meski tidak berbahaya, kutil kerap kali membuat rasa percaya diri berkurang jika muncul di area yang terlihat. Untuk itu, ada beberapa cara ampuh menghilangkan kutil dengan bahan alami yang perlu Anda ketahui.

Oleh karena itu, tidak heran orang mencari berbagai cara untuk dapat menghilangkan kutil. Penyakit kulit ini bisa menular, namun tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan. 

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati dan menjaga kebersihan agar terhindar dari virus yang menyebabkan kutil muncul. 

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Selain menggunakan bahan-bahan alami, menghilangkan kutil umumnya dilakukan dengan melakukan operasi laser. 

Namun, melansir dari Healthline, ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kutil yang bisa Anda coba. Di antaranya:

1. Kulit Pisang 

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan kutil adalah kulit pisang. Kulit pisang mengandung kalium yang dapat melawan infeksi akibat HPV alias virus yang menyebabkan kutil. 

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal menggosokan kulit pisang ke area kutil secara rutin hingga kutil menghilang.

2. Kulit Jeruk

Tidak hanya kulit pisang, kulit jeruk juga mempunyai manfaat dapat menghilangkan kutil loh. Sama halnya dengan kulit pisang, Anda hanya menggosokkan kulit jeruk ke area kutil yang muncul di badan Anda. 

3. Kentang

Bahan alami yang mampu menghilangkan kutil selanjutnya yaitu kentang. Nutrisi yang terkandung dalam kentang mampu membuat kutil kering sehingga membuat kutil lepas dan tidak menempel lagi di kulit Anda. 

Baca Juga: Cocok Dikonsumsi Saat Puasa, Simak 7 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

4. Cuka Apel 

Selain ketiga bahan alami di atas, cuka apel juga mempunyai manfaat yang dapat mengobati kutil. Kandungan asam salisilat dalam cuka apel dipercaya efektif untuk menghilangkan kutil. 

Selain itu, cuka apel juga mengandung antimikroba yang bisa memcegah infeksi dan menjaga kesehatan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×