Kerongkongan Terbakar Akibat Asam Lambung, Redakan dengan 9 Minuman Ini

Jumat, 05 Agustus 2022 | 06:49 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Kerongkongan Terbakar Akibat Asam Lambung, Redakan dengan 9 Minuman Ini

ILUSTRASI. Seseorang yang mengalami refluks asam, atau asam lambung, kerap merasakan sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan dan dada.


KONTAN.CO.ID - Seseorang yang mengalami refluks asam, atau asam lambung, kerap merasakan sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan dan dada. 

Mengutip The Quint, jika Anda ingin menghilangkan gejala tanpa usaha atau diet khusus, Anda harus mulai minum lebih banyak air dan mengunyah makanan secara perlahan. 

Beberapa dokter juga merekomendasikan makan makanan kecil secara berkala untuk mencegah refluks asam.

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan atau pipa makanan seseorang. Adalah umum bagi orang untuk mengalami refluks asam sebentar-sebentar.

Namun, orang yang secara konsisten mengalami refluks asam mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Beberapa faktor dapat berkontribusi terhadap asam lambung seperti waktu makan, postur setelah makan, konsumsi alkohol, merokok, konsumsi minuman berkafein dan penggunaan rempah-rempah yang berlebihan dalam makanan. 

Baca Juga: Aturan Konsumsi Ketumbar agar Efektif Menurunkan Asam Lambung

Oleh karenanya, diet memainkan peran penting dalam mencegah kumatnya asam lambung dan komplikasinya. 

Melansir NDTV, Sweedal Trinidade, ahli gizi senior di P.D. Rumah sakit Hinduja menyarankan beberapa minuman terbaik yang dapat bekerja sebagai obat yang efektif untuk asam lambung. Apa saja?

1. Air kelapa

Asam lambung menyebabkan tenggorokan Anda seperti terbakar. Dalam situasi seperti itu Anda mencari minuman dingin yang menenangkan. 

Minum air kelapa menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, inilah cara kerjanya. Kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti natrium, kalium dan magnesium. 

Ini adalah minuman yang sempurna untuk rehidrasi yang meninggalkan efek pendinginan. Kandungan kalium air kelapa (7mEq dalam 100ml) cukup baik untuk menyeimbangkan pH lambung.

2. Susu dingin

Susu dingin rendah lemak memberikan satu bantuan instan dari mulas. Sebaliknya, susu full-fat memiliki persentase lemak yang lebih besar dan dapat memperburuk refluks asam.

Baca Juga: Selain Kopi dan Teh, Ini Minuman Pemicu Asam Lambung Tinggi

3. Smoothie

Minuman smoothie terdiri dari sayuran, buah-buahan dan smoothie oat yang sarat dengan serat. Asupan serat yang tinggi memiliki nilai rasa kenyang yang lebih tinggi. Makan lebih sedikit juga mencegah asam lambung. Anda dapat menyiapkan smoothie pisang oat dalam susu dingin dengan mudah di rumah.

4. Jus sayuran

Sayuran berada dalam kisaran pH basa tetapi bila digabungkan dengan kandungan air yang tinggi dapat mengurangi kemungkinan kambuhnya asam lambung. Beberapa pilihan terbaik adalah jus lemon dengan mint dan labu botol.

5. Jus lemon

Secara umum diyakini bahwa buah jeruk bersifat asam dan dapat memperburuk keasaman. Namun, beberapa tetes lemon dalam air hangat dengan madu dapat membantu pencernaan dan mengurangi kemungkinan asam lambung serta bersifat basa dibandingkan dengan pH lambung.

6. Jus lemon jahe

Jahe parut direbus dalam air dengan bubuk jinten, garam batu dan lemon, disaring dan disajikan setelah makan adalah kombinasi yang bagus untuk membantu pencernaan.

7. Cuka sari apel

Meskipun asam dengan sendirinya dan dapat menyebabkan iritasi tenggorokan pada tenggorokan yang sudah meradang bila dikonsumsi dalam bentuk konsentrat, asupan rutin cuka sari apel dalam air hangat dapat membantu pencernaan sehingga mengurangi asam lambung.

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lemon untuk Kesehatan

8. Probiotik

Bakteri ramah usus meningkatkan pencernaan dan mencegah refluks asam. Probiotik mempromosikan bakteri sehat di usus. Buttermilk rendah lemak asin adalah pilihan sehat yang bisa Anda coba.

9. Air adas

Air adas bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara. Ini menenangkan peradangan, melemaskan otot, meningkatkan pencernaan dan mengurangi asam lambung dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru