kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kencing Batu: Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahannya yang Perlu Anda Ketahui


Jumat, 02 September 2022 / 15:23 WIB
Kencing Batu: Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahannya yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Kencing batu


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Kencing batu adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan patut diwaspadai jika Anda mengalami gejala-gejala yang berpotensi menjadi kencing batu. Untuk itu penting sekali mengetahui gejala kencing batu.

Bahkan selain gejala kencing batu, Anda juga patut mengetahui penyebab dan cara pencegahannya supaya tidak terkena penyakit kencing batu di kemudian hari.

Kencing batu atau dikenal juga sebagai batu ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan menculnya endapan keras yang menimbulkan rasa sakit saat kencing karena menyumbat saluran urine.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Rasa Pahit di Mulut, Coba Gunakan Bahan Alami Ini

Rasa sakit yang ditimbulkan kencing batu dapat dikaitkan dengan seberapa besar ukuran endapan keras yang menyumbat. Artinya, semakin besar batu ginjal menyumbat saluran urine akan menimbulkan rasa sakit yang cukup parah pula.

Melansir dari Healthline, berikut gejala, penyebab dan cara pencegahan kencing batu yang perlu Anda ketahui:

Gejala Kencing Batu

Kencing batu akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat endapan keras berada di saluran urine. Pada beberapa kasus sakit akibat kencing batu bisa menjalar hingga area selangkangan. 

Selain munculnya rasa sakit, gejala kencing batu lainnya juga bisa ditandai dengan kencing berdarah, intensitas kencing bertambah, mual, muntah hingga demam.

Baca Juga: Simak Gejala Kanker Testis, Jenis dan Penyebab yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Kencing Batu

Dilansir dari Healthline, kencing batu biasanya dialami oleh seseorang yang berusia 20-50 tahun. Ada banyak faktor penyebab kencing batu yang perlu Anda ketahui. Contohnya seperti tubuh kekurangan cairan, obesitas dan berbagai pola hidup tidak sehat lainnya bisa menjadi penyebab kencing batu.

Cara Pencegahan Kencing Batu

Setelah mengetahui gejala dan penyebab kencing batu, Anda juga harus tahu cara pencegahan agar tidak terkena kencing batu. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Pertama, usahakan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Kedua, Anda juga perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dengan cara menghindari makanan yang meningkatkan risiko munculnya batu ginjal atau kencing batu. Seperti makanan yang mengandung lemak tinggi atau cepat saji, jeroan, daging babi, kerang dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×