Kencing batu, apa saja gejala, penyebab, dan pencegahannya?

Kamis, 25 November 2021 | 12:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kencing batu, apa saja gejala, penyebab, dan pencegahannya?

ILUSTRASI. Penyebab, gejala, dan langkah pencegahan kencing batu sebaiknya Anda kenali.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kencing batu atau batu ginjal adalah endapan keras yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. Awalnya, endapan itu berada di ginjal. Namun, tak menutup keungkinan endapan juga muncul di saluran kencing yang lain, seperti ureter, kandung kemih, dan uretra.

Batu ginjal bisa muncul dengan berbagai macam ukuran. Nah, ras asakit muncul ketika batu ginjal menyumbat saluran kencing sehingga sistem ekskresi menjadi terganggu. Tidak hanya muncul rasa sakit, masih banyak gejala lain yang perlu Anda waspadai.

Dengan mengenali faktor apa saja yang menyebabkan penyebab serta gejala-gejala yang muncul, batu ginjal dapat teratasi dengan baik. Langkah pencegahan juga perlu Anda praktikkan supaya risiko kesehatan tak semakin buruk.

Penyebab Kencing Batu

Melansir dari Healthline (healthline.com), batu ginjal biasanya dialami oleh Anda yang berusia 20-50 tahun. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab masalah kesehatan itu. Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, obesitas, dan pola hidup sehat lainnya adalah beberapa faktor pemicu batu ginjal.

Baca Juga: Hati-hati! Kencing berdarah bisa jadi karena 4 hal ini

Gejala Kencing Batu

Sering buang air kecil termasuk salah satu gejala kencing batu.

Sakit akibat batu ginjal akan semakin terasa ketika gangguan kesehatan itu sudah berada di ureter. Pada beberapa kasus, rasa sakit juga bisa terasa di bagian selangkangan. Pada umumnya, rasa sakit akan datang dan pergi dengan sendirinya.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa rasa sakit juga terus terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi. Selain menimbulkan rasa sakit, masih banyak gejala batu ginjal lain yang dapat Anda alami. Mulai dari kencing berdarah, mual dan muntah, demam, sering buang air kecil, dan lain-lain.

Baca Juga: Sering lapar, ini 10 gejala penyakit ginjal yang harus Anda ketahui

Pencegahan Kencing Batu

Untuk menghindari kencing batu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 2.5 L air putih per hari. setiap orang bisa membutuhkan jumlah air putih yang berbeda, jadi cobalah untuk membicarakannya ke dokter.

Kedua, Healthline merekomendasikan Anda untuk menghindari beberapa jenis makanan yang justru meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Mulai dari daging sapi, daging ayam, daging babi, jeroan, ikan, kerang, telur, susu, keju, yogurt, makanan cepat saji, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Rupiah spot masih melemah ke Rp 14.278 per dolar AS pada tengah hari ini (25/11)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru