kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenapa Tubuh Cepat Lelah? Simak 8 Alasan Ini


Selasa, 29 Maret 2022 / 11:38 WIB
Kenapa Tubuh Cepat Lelah? Simak 8 Alasan Ini
ILUSTRASI. Ilustrasi tubuh cepat lelah.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Kenapa tubuh terasa cepat lelah? Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak alasan. Salah satu faktor terbesarnya adalah gaya hidup yang kurang baik. 

Perlu Anda ketahui, jika tubuh merasa lelah setelah melakukan aktivitas berat itu adalah hal yang sangat wajar.

Namun, jika tubuh terasa cepat lelah tanpa melakukan aktivitas berat apapun, ada kemungkinan adalah gejala umum dari beberapa kondisi dan penyakit serius. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup yang kurang baik. 

Baca Juga: Kenali 6 Makanan yang Mengandung Banyak Mineral dan Baik Untuk Kesehatan

Melansir dari Healthline berikut alasan tubuh terasa cepat lelah:

1. Mengkonsumsi Karbohidrat Berlebihan

Alasan pertama tubuh terasa cepat lelah adalah terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. 

Pada dasarnya karbohidrat bisa menjadi sumber energi yang cepat jika tubuh Anda memecahnya menjadi gula yang dapat digunakan untuk bahan bakar atau energi. Namun, makan terlalu banyak karbohidrat justru bisa menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari.

Pasalnya, Ketika karbohidrat dan gula olahan dikonsumsi, hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan gula darah Anda dengan cepat. Lonjakan kadar gula darah ini yang dapat membuat tubuh terasa cepat lelah.

2. Menjalani Sedentary Lifestyle

Menjalani sedentary lifestyle atau gaya hidup yang kurang bergerak dapat menjadi salah satu alasan tubuh terasa cepat lelah. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi rendah energi.

Kebanyakan orang yang menjalani sedentary lifestyle juga mengatakan terlalu lelah untuk berolahraga. Namun hal tersebut masih bisa ditangani dengan cara mengganti gaya hidup tersebut dengan mulai aktif bergerak, contohny seperti memilih tangga daripada lift atau berjalan kaki daripada berkendara jarak dekat.

Pasalnya, dalam penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengurangi kelelahan pada orang sehat dan mereka yang menderita penyakit lain, seperti kanker.

3. Kualitas Tidur Buruk

Kurang tidur atau kualitas tidur yang kurang baik bisa jadi faktor utama tubuh cepat terasa lelah. Tubuh akan melakukan banyak hal saat tidur, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur metabolisme.

Menurut American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, orang dewasa membutuhkan rata-rata tujuh jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal.

Selain itu, jika tidur anda saat malam hari berkualitas, biasanya di pagi hari saat bangun tubuh akan terasa segar dan berenergi.

Baca Juga: Begini Cara Menambah Berat Badan dengan Mengkonsumsi Bahan Alami

4. Stres

Stres sangat bisa berpengaruh terhadap tubuh yang cepat terasa lelah. Pasalnya stres atau gangguan mental bisa membuat tubuh menjadi kurang fit. 

Stres berkaitan dengan pola tidur seseorang. Hal tersebut tentu akan berdampak membuat tubuh menjadi cepat merasa lelah karena pola tidur yang tidak teratur dan otak yang tidak beristirahat dengan total.




TERBARU

[X]
×