Kenapa Tenggorokan Sakit di Malam Hari? Simak Mungkin Ini Penyebabnya

Selasa, 24 Mei 2022 | 11:34 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenapa Tenggorokan Sakit di Malam Hari? Simak Mungkin Ini Penyebabnya

ILUSTRASI. Penyebab sakit tenggorokan di malam hari yang perlu diwaspadai.


KONTAN.CO.ID - Sakit tenggorokan kerap kali menimbulkan rasa nyeri yang tidak nyaman. Apalagi jika Anda mengalami sakit tenggorokan di malam hari, tentu akan sangat mengganggu jam istirahat Anda. Untuk mencegah hal tersebut, tahukah Anda penyebab sakit tenggorokan di malam hari?

Penyebab sakit tenggorokan di malam hari tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya, bisa disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. 

Namun, jika Anda mengalami sakit tenggorokan dalam jangka waktu yang relatif panjang, disarankan untuk segera periksa ke dokter. Agar keluhan sakit tenggoroka tersebut bisa segera diobati. 

Baca Juga: Simak 6 Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Ketahui

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab sakit tenggorokan di malam hari yang perlu Anda ketahui. 

Dehidrasi

Seperti yang dikatakan di atas, salah satu penyebab sakit tenggorokan di malam hari adalah kurangnya cairan dalam tubuh atau sering disebut dehidrasi. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa memperbanyak minum air putih sebelum tidur. 

Mendengkur

Perlu Anda ketahui mendengkur dapat menimbulkan sakit tenggorokan loh. Pasalnya, mendengkur dapat mengiritasi tenggorokan dan hidung yang dapat menimbukan rasa sakit di saluran tenggorokan. 

Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab tenggorokan terasa sakit saat malam hari. Hal itu dikarenakan alergi bisa membuat hidung tersumbat akibat terlalu banyak lebdir serta menimbulkan rasa gatal dan nyeri. 

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Catat!

Infeksi Virus 

Infeksi virus merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan yang banyak dialami. Terlebih ditengah pandemi Covid-19, sakit tenggorokan menjadi salah satu gejalanya.

Radang Tenggorokan 

Radang tenggorokan adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Radang ini juga sangat meningkatkan risiko sakit tenggorokan di malam hari jika tidak segara diobati. 

Asam Lambung Naik 

Sakit tenggorokan di malam hari juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik. Tidak hanya sakit tenggorokan juga akan terasa panas jika Anda mengalami ini. 

Baca Juga: 5 Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh, Catat!

Kanker

Kanker adalah satu penyebab sakit tenggorokan di malam hari yang sangat perlu diwaspadai. Meski, jarang terjadi Anda harus tetap waspada jika tenggorokan Anda terasa sakit. Segeralah periksa ke dokter agar rasa nyeri tersebut bisa segera diobati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru