Kenali gejala, penyebab, dan komplikasi Pneumonia yang diderita Ameer Azzikra

Selasa, 30 November 2021 | 11:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kenali gejala, penyebab, dan komplikasi Pneumonia yang diderita Ameer Azzikra

ILUSTRASI. Ilustrasi virus penyebab pneumonia.

KONTAN.CO.ID - Pneumonia akut dan infeksi ginjal disebut-sebut menjadi penyebab kematian putra kedua Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra. Hal itu dikatakan kerabatnya, Hanny Kristianto melalui kanal YouTube Intens Investigasi. 

Ameer Azzikra meninggal dalam usia yang relatif muda yaitu 21 tahun. Untuk itu, mengenali gejala, penyebab, dan komplikasi pneumonia menjadi penting agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Dikutip dari Kompas.com (29/11/2021), Ameer sempat memberi tahu temannya, aktor Syakir Daulay bahwa ada masalah di paru-parunya. 

Lantas, apa saja gejala dan penyebab pneumonia?

Baca Juga: Catat! Ini 6 gejala flu yang paling umum muncul

Gejala Pneumonia

Pneumonia adalah suatu kondisi di mana salah satu atau kedua lapisan paru-paru menjadi bengkak. Ada beberapa gejala umum yang dialami oleh penderita pneumonia.

Dirangkum dari laman Nhs.uk, gejala umum pneumonia adalah batuk kering dan berdahak, sesak napas, detak jantung meningkat, suhu tubuh tinggi, kehilangan nafsu makan, nyeri dada, dan merasa tidak enak badan secara keseluruhan.

Gejala pneumonia bisa memburuk dalam waktu 24 hingga 48 jam. Namun, ada juga gejala yang berkembang lebih lambat.

Selain itu, ada juga beberapa kondisi lain yang bisa dialami oleh penderita pneumonia. Misalnya, batuk darah, sakit kepala, kelelahan, mengi atau sesak nafas, serta nyeri otot dan persendian. Bahkan, pneumonia yang dialami orang tua menyebabkan kebingungan.

Baca Juga: 10 Penyebab radang paru-paru, jangan anggap enteng

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru