kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali Gejala dan Cara Penanganan Infeksi Telinga, Ini Penjelasan Dokter Siloam


Senin, 07 Maret 2022 / 23:27 WIB
Kenali Gejala dan Cara Penanganan Infeksi Telinga, Ini Penjelasan Dokter Siloam


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Organ telinga merupakan salah satu organ penting pada makhluk hidup. Pada organ telinga manusia, terdapat Tuba Eustachius, yang merupakan  sebuah saluran kecil yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan nasofaring yaitu daerah bagian belakang dari hidung.

Infeksi telinga terjadi ketika saluran Estachius (tuba Eustachius) tersumbat atau meradang, yang menyebabkan terbentuknya cairan di telinga bagian tengah.

Ada beberapa jenis infeksi pada organ telinga yang disebabkan oleh Bakteri dan Virus, dimana infeksi ini sering terjadi pada anak kecil dan remaja dikarenakan memiliki saluran Eustachius yang lebih sempit, pendek dan  horizontal dibanding pada orang dewasa," tutur Dr. dr. Olivia Claudia Pingkan Pelealu Sp.THT-KL (K), Jumat (4/2/2022) lalu pada edukasi bincang sehat melalui aplikasi zoom dan kanal YouTube.

Dokter spesialis THT konsultan Laring Faring, Olivia Claudia yang kesehariannya berpraktek tetap di  Rumah Sakit Siloam Manado yang berlokasi di bilangan jalan Sam Ratulangi, Wenang Kota Menado ini mengatakan, sejumlah gejala yang dapat diamati pada infeksi telinga antara lain:

Nyeri sedang dan rasa tidak enak dalam telinga, penderita merasakan adanya tekanan dari dalam telinga yang menetap dan adanya cairan yang keluar dari telinga serta berkurangnya kualitas pendengaran.

Baca Juga: Ketahui Alasan Kucing Peliharaan Tiba-Tiba Menggigit

"Gejala ini dapat menetap atau hanya bersifat sementara. Gejala dapat muncul pada salah satu atau bahkan kedua telinga. Nyeri biasanya dirasakan lebih berat tergantung jenis dan tingkat keparahan penyakitnya ," ungkap Dr. dr. Olivia Claudia Pingkan Pelealu Sp.THT-KL (K)

Infeksi telinga ringan dapat disembuhkan tanpa intervensi. Jika gejala semakin memburuk dan tidak ada perubahan, antibiotik dapat diberikan dengan mempertimbangkan berbagai kondisi pada penderita.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×