kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali ciri kanker payudara ini, bisa dialami pria, lo


Senin, 20 September 2021 / 10:19 WIB
Kenali ciri kanker payudara ini, bisa dialami pria, lo
ILUSTRASI. Ada beberapa ciri kanker payudara yang perlu Anda ketahui.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker payudara biasanya ditandai dengan benjolan di sekitar payudara. Namun, masih banyak ciri kanker payudara lain yang bisa Anda alami. Meski jarang terjadi, laki-laki juga bisa mengalami hal yang sama sehingga Anda perlu waspada.

Sebenarnya, rasa sakit di sekitar payudara tak hanya menandakan adanya pertumbuhan sel kanker. Masih banyak faktor lain yang menimbulkan kondisi itu. Mulai dari perubahan hormon dalam tubuh, pil KB atau perawatan lain yang berhubungan dengan kesuburan, stres, dan lain-lain.

Untuk memastikan apakah rasa sakit yang Anda alami merupakan kanker payudara, ada beberapa jenis tes yang bisa Anda jalani. Jenis-jenis tes yang dimaksud adalah tes fisik, riwayat kesehatan medis, mammogram, ultrasound, biopsi, dan MRI.

Supaya perawatan yang Anda butuhkan tak datang terlambat, Anda perlu mengenali apa saja yang termasuk dalam tanda kanker payudara. Jangan ragu untuk segera membicarakan kondisi Anda ke dokter supaya kondisi tubuh tak memburuk.

Baca Juga: Sakit punggung bisa menjadi gejala kanker paru-paru, ini penjelasannya

Ciri Kanker Payudara Awal

Pada tahap awal kemunculan kanker payudara, Anda mungkin tak mengalami rasa sakit apa pun. Meski demikian, ada beberapa gejala yang bisa Anda alami. Gejala yang dimaksud adalah perubahan bentuk puting, timbul benjolan baru, dan puting mengeluarkan cairan merah, cokelat, hingga berwarna kuning.

Tidak berhenti sampai di situ, Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa kulit di sekitar payudara berwarna akan berwarna merah dan terasa gatal. Anda juga bisa mengalami nafsu makan yang turun, berat badan turun, muncul benjolan di ketiak, dan pembuluh darah di sekitar payudara terlihat lebih jelas.

Ciri Kanker Payudara Pada Laki-Laki

Kanker payudara memang jarang dialami pria. Namun, kondisi itu tetap mungkin terjadi, apalagi pada orang yang berusia tua. Meski lahir sebagai pria, Anda masih memiliki jaringan payudara sehingga kanker payudara pun terjadi.

Mengutip dari Healthline, gejala kanker payudara pada pria tak hanya munculnya benjolan. Gejala lain yang mungkin terjadi adalah jaringan payudara mengeras, puting mengeluarkan cairan, puting bersisik dan berwarna merah, dan kulit di sekitar payudara terasa gatal.

Baca Juga: Penyebab dan cara mengatasi benjolan di leher ini perlu Anda perhatikan

Gejala Kembalinya Kanker Payudara

Ciri kanker payudara bisa kembali Anda alami.

Dengan perawatan yang tepat, kanker payudara yang Anda alami bisa sembuh. Namun, sel kanker bisa kembali tumbuh sehingga mengganggu kesehatan tubuh Anda. Ada beberapa gejala kanker payudara yang bisa kembali Anda rasakan.

Mulai dari tumbuh benjolan baru di sekitar payudara, perubahan pada puting, hingga payudara membesar dan berwarna merah. Selain itu, nyeri dada dan benjolan di kelenjar getah bening pada bagian tubuh yang lain juga bisa Anda alami.

Selanjutnya: Selain benjolan, ini 8 tanda kanker payudara tahap awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×