kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali Bahaya Gula Darah Tinggi dan Bagaimana Cara Pencegahannya


Kamis, 04 Agustus 2022 / 10:54 WIB
Kenali Bahaya Gula Darah Tinggi dan Bagaimana Cara Pencegahannya
ILUSTRASI. Pembacaan gula darah puasa 100-125 mg/dL mengindikasikan pradiabetes, dan angka di atas 125 mengindikasikan diabetes.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jika Anda hidup dengan diabetes, Anda mungkin tahu bahwa hidup dengan kondisi ini mirip dengan berjalan di atas tali.

Anda harus tetap menjaga keseimbangan kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi (hiperglikemik) dan rendah (hipoglikemik).

Tapi berapa kadar gula darah yang sebenarnya dianggap berbahaya?

Kadar gula darah normal

Mengutip diabetesstrong.com yang melansir American Diabetes Association, gula darah puasa normal (di pagi hari ketika Anda tidak makan atau minum apa pun kecuali air selama 8 jam) kurang dari 100 mg/dL.

Pembacaan gula darah puasa 100-125 mg/dL mengindikasikan pradiabetes, dan angka di atas 125 mengindikasikan diabetes.

Jika Anda menguji gula darah Anda dua jam setelah makan atau minum sesuatu yang mengandung gula (tes toleransi glukosa oral), angka yang harus diperhatikan adalah:

Hasil Tes Toleransi Glukosa Oral

  • Kurang dari 140 mg/dl: Normal
  • 140 mg/dl hingga 199 mg/dl: Pradiabetes
  • 200 mg/dl atau lebih tinggi: Diabetes

Baca Juga: Berikut 4 Jenis Buah yang Baik bagi Penderita Diabetes

Bahaya gula darah tinggi

Mengutip diabetesstrong.com, memiliki gula darah tinggi berarti ada terlalu banyak gula dalam darah karena tubuh kekurangan insulin. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk tidak mengambil cukup insulin secara eksogen, terlalu sedikit olahraga, makan terlalu banyak, atau bahkan stres, perubahan hormonal, atau kurang tidur.

Gula darah tinggi berbahaya, tetapi penting untuk diingat bahwa gula darah tinggi sebagian besar berbahaya dalam jangka waktu yang lama.

Ini berarti, sebagian besar, gula darah Anda saat diagnosis tidak akan menyebabkan komplikasi jangka panjang, dan lonjakan yang Anda lihat minggu lalu dari makan es krim sundae tidak akan berdampak pada tubuh Anda dalam jangka panjang.

Tetapi gula darah tinggi yang kronis dan berkepanjangan (pikirkan diabetes seumur hidup dengan rata-rata, gula darah sepanjang waktu 200 mg/dL) akan menyebabkan komplikasi diabetes pada kebanyakan orang.

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Cara mencegah gula darah tinggi

Mengutip Mayo Clinic, mengontrol kadar gula darah Anda dapat membantu Anda mencegah koma diabetes. Ingatlah kiat-kiat ini:

1. Ikuti rencana makan Anda. 

Camilan dan makanan yang konsisten dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda.

2. Perhatikan kadar gula darah Anda. 

Tes gula darah yang sering dapat memberi tahu Anda apakah Anda menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran target Anda - dan mengingatkan Anda akan titik tertinggi atau terendah yang berbahaya. 

3. Minum obat Anda sesuai petunjuk. 

Jika Anda sering mengalami episode gula darah tinggi atau rendah, beri tahu dokter Anda. Dia mungkin perlu menyesuaikan dosis atau waktu pengobatan Anda.

Baca Juga: Bukan Mentimun, Ini Daftar Buah dan Sayur Untuk Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

4. Miliki rencana hari sakit. 

Penyakit dapat menyebabkan perubahan gula darah yang tidak terduga. Jika Anda sakit dan tidak bisa makan, gula darah Anda bisa turun. Sebelum Anda sakit, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk mengelola kadar gula darah Anda. 
Pertimbangkan untuk menyimpan setidaknya tiga hari persediaan diabetes dan kit glukagon ekstra jika terjadi keadaan darurat.

5. Sediakan glukagon dan sumber gula yang bekerja cepat. 

Jika Anda menggunakan insulin untuk diabetes Anda, pastikan Anda memiliki kit glukagon terbaru dan sumber gula yang bekerja cepat, seperti tablet glukosa atau jus jeruk, tersedia untuk mengobati kadar gula darah rendah.

6. Minum alkohol dengan hati-hati. 

Alkohol dapat memiliki efek yang tidak terduga pada gula darah Anda, pastikan untuk mengkonsumsinya secara hati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×