Bukan Mentimun, Ini Daftar Buah dan Sayur Untuk Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Kamis, 04 Agustus 2022 | 07:05 WIB Sumber: Kompas.com
Bukan Mentimun, Ini Daftar Buah dan Sayur Untuk Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

ILUSTRASI. Bukan Mentimun, Ini Daftar Buah dan Sayur Untuk Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mentimum bukan termasuk makanan yang berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi. Berikut daftar buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami.

Sebagian masyarakat mempercayai mentimun termasuk makanan untuk menurunkan darah tinggi. Namun, ternyata hal itu keliru.

Lalu, buah dan sayur apa saja yang bisa menurunkan darah tinggi?

Mengutip Kompas.com, sejumlah buah dan sayur terbukti bisa menurunkan darah tinggi. Buah dan sayur itu sudah diteliti dan memiliki kandungan yang mampu menurunkan darah tinggi.

Salah satu zat penting dalam buah dan sayur yang bisa menurunkan darah tinggi adalah potasium dan kalium. "Ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalium, itu menyebabkan tubuh melepaskan natrium dalam urin," jelas Sandy Younan Brikho, MDA, RDN, ahli diet terdaftar dan pendiri The Dish on Nutrition.

Potasium bertugas melemaskan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut daftar buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami:

1. Pisang

Daftar pertama buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah pisang. Dilaporkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu pisang mengandung 375 miligram potasium.

Buah-buahan dikategorikan tinggi potasium jika mengandung lebih dari 200-250 miligram potasium per porsi, menurut ahli diet terdaftar Laura Iu, RD, CDN, CNSC. Selain dimakan langsung, pisang dapat dimasukkan ke dalam smoothie, roti, atau makanan lainnya.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

2. Labu

Daftar kedua buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah labu. Menurut Brikho, labu seperti acorn, butternut, hubbard, dan delicata sangat kaya akan mineral potasium. Labu bisa ditambahkan sebagai isian, dipanggang, atau dimakan secara langsung.

3. Bayam

Daftar ketiga buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah bayam. Sayuran berdaun hijau --terutama bayam-- adalah sumber potasium yang sangat baik. "Dua porsi bayam mentah menyediakan sekitar 7 persen kebutuhan kalium harian, sementara 1 porsi bayam matang menyediakan sekitar 18 persen potasium," tutur ahli diet terdaftar Joanna Foley, RD.

Tidak hanya ditambahkan ke dalam salad, bayam juga bisa menjadi bahan pelengkap hidangan seperti sup atau semur, atau dibikin jus.

4. Alpukat

Daftar keempat buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah alpukat. Brikho mengatakan, satu buah alpukat menawarkan sekitar 975 miligram potasium. "Untuk memasukkan alpukat ke dalam makanan, kita dapat menambahkan buah di atas omelet, melengkapi salad dengan alpukat yang dicincang atau diiris, atau memasukkan alpukat ke dalam enchilada," kata Brikho.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Daftar kelima buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Bagi penggemar makanan gurih, pilihlah kacang-kacangan dan biji-bijian yang tinggi kalium termasuk pistachio, biji labu, hazelnut, dan almond, kata Iu.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga ideal untuk digunakan sebagai topping salad, yogurt, dan smoothie. Bisa juga memasukkan kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam adonan kue atau roti.

6. Kentang tumbuk

Daftar keenam buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah kentang tumbuk. Satu porsi mashed potato atau kentang tumbuk memiliki 11 persen kalium dari kebutuhan harian kita, ungkap Foley.

Namun ketika menggunakan kentang tumbuk untuk memasak, sebaiknya tidak menambahkan banyak air. "Kalium dapat larut ke dalam air saat mendidih, jadi metode memasak yang terbaik adalah menggunakan sedikit atau tanpa air untuk menjaga kandungan kalium," tuturnya. Alih-alih direbus, kita bisa memasak kentang tumbuk dengan cara dikukus atau dipanggang.

7. Jus buah dan sayuran murni

Daftar ketujuh buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami adalah jus buah dan sayuran murni. Laura Iu merekomendasikan jus yang terbuat dari sayuran hijau dan jeruk segar, delima, atau jus prune.

Demi memeroleh manfaat penurun tekanan darah maksimal, pilihlah jus 100 persen alias jus murni yang hanya mengandung buah dan sayuran. Jus buah atau sayuran hanya dapat dikatakan 100 persen murni jika tidak diencerkan dengan air atau ditambahkan gula.

Itulah daftar buah dan sayur untuk menurunkan darah tinggi secara alami. Jadi, jangan lagi makan mentium untuk menurunkan darah tinggi ya!

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi",


Penulis : Gading Perkasa
Editor : Wisnubrata

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru