Kenali 8 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Wajib Diketahui, Mulai dari Sulit Menelan

Senin, 21 Februari 2022 | 07:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 8 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik yang Wajib Diketahui, Mulai dari Sulit Menelan

ILUSTRASI. Ilustrasi asam lambung naik.


KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik pada dasar bukanlah sebuah penyakit. Namun penting untuk mengetahui ciri-ciri saat asam labung naik, pasalnya kondisi tersebut adalah gejala gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. 

Kondisi asam lambung naik bisa dialami oleh semua orang, khususnya yang mempunyai masalah pencernaan memiliki risiko lebih tinggi. 

Tinggi atau rendahnya asam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun, faktor utama yang mempengaruhi asam lambung naik adalah hormon gastrin alias hormon yang merangsang keluarnya asam lambung. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Cegah Penuaan

Merangkum dari Healthline, terdapat beberapa ciri-ciri asam lambung yang perlu Anda ketahui agar dapat mengantisipasi dan mengetahui kondisi kesehatan Anda. Ciri asam lambung naik adalah sebagai berikut: 

1. Heartburn

Ciri-ciri asam lambung naik yang pertama adalah heartburn atau dada terasa panas. Hal tersebut dikarenakan asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas bahkan terkadang terasa seperti terbakar. 

2. Mulut Terasa Asam 

Selain dada yang terasa panas, ciri asam lambung naik lainnya adalah mulut terasa asam. Selain itu, di tenggorokan juga mungkin cenderung terasa panas. 

3. Regurgitasi 

Selanjutnya regurgitasi yang juga merupakan salah satu ciri naiknya asam lambung. Regurgitasi adalah kondisi dimana seperti ingin muntah yang dikarenakan cairan dilambung naik bergerak ke atas. 

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Sperma, Istri Bisa Jadi Cepat Hamil

4. Sulit Menelan 

Selain tenggorokan terasa panas, Sulit menelan menjadi ciri-ciri asam lambung naik lainnya. Jika tenggorokan Anda sudah terasa sulit menelan atau bahkan sakit disarankan untuk segera konsultasi ke dokter.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru