Kenali 7 Makanan Rendah Kalori Untuk Diet yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa

Kamis, 31 Maret 2022 | 13:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 7 Makanan Rendah Kalori Untuk Diet yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa

ILUSTRASI. Bayam adalah salah satu makanan sehat rendah kalori yang cocok untuk diet saat puasa.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ramadan adalah bulan di mana seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari. Selain itu, puasa juga mempunyai manfaat sebagai detoksifikasi tubuh serta waktu yang tepat untuk diet dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori.  

Pasalnya, dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori, Anda bisa membatasi asupan kalori setiap hari agar diet berjalan lebih efektif selama menjalankan puasa. 

Umumnya sebagian makanan rendah kalori merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi sehingga cocok dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur. Namun, Anda juga harus memperhatikan kadar nutrisi dan kalori dari setiap makanan yang akan disantap. 

Baca Juga: Simak! 6 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Menjalankan Puasa

Hal tersebut agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi serta tidak merasa lapar saat puasa meski Anda mengkonsumsi makanan rendah kalori. 

Dilansir dari Very Well Fit, terdapat beberapa rekomendasi makanan rendah kalori yang cocok untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. 

1. Dada Ayam 

Rekomendasi makanan rendah kalori yang pertama dan tidak boleh dilewatkan adalah dada ayam. Dada ayam memiliki kalori yang cukup rendah, namun memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan karena kaya akan protein. 

2. Wortel

Wortel merupakan makanan rendah kalori yang bisa Anda jadikan opsi saat menjalankan program diet. Selain rendah kalori, wortel juga kaya akan vitamin. 

Anda bisa mengkonsumsi wortel dengan cara direbus ataupun bisa dijadikan jus sebagai salah satu menu makanan rendah kalori saat diet. 

3. Apel

Rekomendasi makanan rendah kalori lainnya adalah apel. Salah satu jenis buah yang cukup banyak diminati ini mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: Simak! 6 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Anda Hindari

4. Bayam

Bayam juga bisa Anda jadikan sebagai menu makanan rendah kalori saat diet. Bayam cukup enak jika dimasak dan sangat cocok dijadikan menu utama. 

Selain rendah kalori, bayam juga mengandung banyak zat besi. 

5. Brokoli 

Rekomendasi makanan rendah kalori terakhir adalah brokoli. Sayuran ini mengandung cukup banyak serat yang bagus untuk kesehatan. 

Selain itu, brokoli mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi brokoli Anda bisa merasa kenyang, namun asupan kalori tetap rendah yang mana efektif untuk turunkan berat badan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru