kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak! 6 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Menjalankan Puasa


Rabu, 30 Maret 2022 / 04:36 WIB
Simak! 6 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Menjalankan Puasa
ILUSTRASI. Ilustrasi menjaga kebuguran tubuh saat menjalankan puasa.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Memasuki bulan ramadan penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar puasa tetap lancar. Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar kebugaran tubuh tetap terjaga selama satu bulan.

Saat bulan menjalan puasa, mungkin Anda tidak bisa berolahraga dengan keras. Oleh karena itu, cara khusus untuk menjaga kebugaran tanpa harus latihan keras.

Meski demikian, puasa juga dapat dijadikan sebagai detoksifikasi atau proses pembuangan racun-racun yang berada dalam tubuh. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Tubuh Berenergi Sepanjang Hari

Melansir dari Esquire Middle East, ada beberapa tips menjaga kebugaran tubuh saat menjalan puasa yang perlu Anda ketahui. 

1. Perbaiki Nutrisi

Untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Cobalah untuk menghilangkan gula, kafein, gorengan, minuman ringan. Ini adalah periode yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk Anda dan membuat tubuh lebih bugar. 

2. Jangan Makan Berlebihan

Saat berbuka puasa tentunya perut akan terasa lapar, namun Anda perlu berhati-hati dan jangan makan berlebihan. Hal tersebut cukup efektif menjaga kebugaran tubuh selama satu bulan berpuasa. Jadi rencanakan makanan Anda agar tidak terpeleset dengan makanan bernilai rendah agar tetap sesuai dengan target Anda.

3. Puasa Mengubah Pola Makan

Puasa secara radikal mengubah pola makan. Makan yang dibatasi pada pagi dan sore hari, menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Beberapa mungkin mengalami ketidaknyamanan di siang hari. Namun, kesehatan yang baik dapat dijaga dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup saat makan, hal tersebut dapa menjaga kebugaran tubuh menjadi lebih baik. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpuasa secara teratur menurunkan risiko terkena penyakit koroner. Studi lain menunjukkan reaksi metabolisme berubah dan menurunkan kadar kolesterol 'jahat' dan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: Simak 8 Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

4. Olahraga di Waktu yang Tepat

Tips menjaga kebugaran saat puasa lainnya adalah dengan berolahraga di waktu yang tepat.
Waktu terbaik untuk berlatih adalah sekitar jam 8 pagi atau setelah berbuka puasa, tubuh Anda akan memiliki nutrisi untuk mendukung sistem Anda. 

Beberapa orang percaya bahwa latihan di sore hari adalah ide yang baik agar lebih banyak oksigen tersedia untuk otot, daripada dibutuhkan untuk pencernaan. 

5. Menjaga Cairan Tubuh

Menjaga cairan tubuh adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Konsumsi makanan yang mengandung mineral, protein dan nutrisi lain saat sahur agar tubuh tetap bugar seharian.

6. Hindari kopi

Menghindari meminum kopi yang mengandung kafein adalah tips selanjutnya menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Pasalnya, meminum kopi khususnya saat sahur dapat menimbulkan rasa haus berlebih saat menjalankan puasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×