kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Kenali 5 Penyebab Rasa Perih saat Kencing atau Disuria yang Mengganggu


Senin, 30 Oktober 2023 / 10:32 WIB
Kenali 5 Penyebab Rasa Perih saat Kencing atau Disuria yang Mengganggu
ILUSTRASI. Kenali 5 Penyebab Rasa Perih saat Kencing atau Disuria yang Mengganggu


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak penyebab rasa perih saat kencing yang mengganggu. Kondisi buang air kecil yang tidak nyaman bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Rasa perih saat buang air kecil adalah gejala yang sering kali terkait dengan masalah pada saluran kemih atau organ-organ terkait.

Penyakit dan gejala ini kemudian disebut Disuria. Ini merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan gejala ketidaknyamanan atau rasa sakit saat buang air kecil.

Ketika seseorang mengalami disuria, proses buang air kecil bisa menjadi menyakitkan atau tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Cara Alami Mengatasi Masalah Batu GInjal Tanpa Obat, Cek Apa Saja

Ilustrasi kesehatan perempuan sakit perut

Penyebab rasa perih saat kencing

Gejala disuria dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan gejala ini bisa disertai dengan rasa panas, perih, atau sensasi terbakar selama proses pengosongan kandung kemih.

Disuria adalah gejala yang bersifat subjektif, artinya hanya dapat dirasakan oleh individu yang mengalaminya. Gejala ini dapat muncul ringan atau parah, tergantung pada penyebabnya.

Selain itu, rasa perih saat kencing bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu, seperti infeksi saluran kemih, peradangan, iritasi, atau masalah lain pada saluran kemih atau organ-organ terkait.

Disuria seringkali merupakan gejala yang mengindikasikan adanya masalah yang memerlukan perhatian medis. 

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Gagal Ginjal Kronis, Gejala, dan Perawatannya Agar Tidak Memburuk

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan perih saat buang air kecil dilansir dari laman WebMD.

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi bakteri pada saluran kemih, seperti pada kandung kemih (cystitis) atau uretra (uretritis), dapat menyebabkan perih saat buang air kecil. Gejala lainnya mungkin termasuk sering buang air kecil, perasaan mendesak, dan nyeri perut rendah.

2. Batuk Saluran Kemih

Urethral Syndrome merupakan kondisi yang mirip dengan ISK tetapi tanpa adanya infeksi bakteri. Gejala umum termasuk perih saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan nyeri panggul.

3. Batu Ginjal

Batu yang terbentuk di dalam ginjal dan kemudian turun ke saluran kemih dapat menyebabkan perih saat batu tersebut melewati uretra.

4. Iritasi Kimia

Pemaparan terhadap zat kimia tertentu, seperti produk perawatan tubuh yang mengandung pewarna atau pewangi, dapat menyebabkan iritasi pada uretra dan menyebabkan perih saat buang air kecil.

5. Masalah Lain

Perih saat buang air kecil juga bisa menjadi gejala kondisi lain seperti prostatitis pada pria, vulvovaginitis pada wanita, atau bahkan tanda-tanda awal penyakit menular seksual (PMS).

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter saat Anda mengalami perih saat buang air kecil, terutama jika gejala tersebut berlangsung lebih dari beberapa hari.

Selain itu, waspada saat disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan seperti demam, nyeri punggung, darah dalam urin, atau keluar cairan yang tidak normal dari saluran kemih.

Itulah informarsi terkait penyebab rasa perih saat kencing yang bisa terjadi karena beberapa masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×