kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dimakan


Minggu, 25 Juni 2023 / 09:30 WIB
Kenali 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dimakan


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kentang untuk kesehatan tubuh terbilang populer dan telah teruji khasiatnya. Perlu Anda ketahui, manfaat kentang tersebut bisa didapatkan jika dimakan secara rutin dan diolah dengan baik.

Hal tersebut dikarenakan kentang mempunyai banyak nutrisi yang terkandung. Sehingga tak heran mengkonsumsi kentang mampu memberikan banyak manfaat dan khasiat.

Kandungan nutrisi dalam kentang di antaranya seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi, fosfor, seng, vitamin C dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi yang Wajib Anda Hindari

Kentang juga merupakan sayuran dalam kategori umbi-umbian yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Hal tersebut dikarenakan kentang memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi.

Lalu apa saja manfaat kentang untuk kesehatan?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kentang untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Salah satu manfaat kentang untuk kesehatan di antaranya mengandung banyak antioksidan. Terdapat beberapa senyawa yang berperan sebagai antioksidan di antaranya flavonoid, karotenoid dan asam fenolik.

Antioksidan tersebut berperan aktif dalam tubuh untuk menjaga dan menangkal berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Tengok 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan Jika Dimakan Dengan Benar

2. Mengontrol Gula Darah

Kentang juga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, mengkonsumsi kentang mampu mengurangi resistensi insulin. 

Artinya, mengkonsumsi kentang secara rutin cukup efektif untuk mengontrol gula darah dan cocok bagi penderita diabetes.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kentang juga mengandung banyak serat alami yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sehingga, dengan mengkonsumsi kentang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Dilansir dari Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa kentang dapat mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

Baca Juga: 6 Manfaat Seks Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Anda Ketahui, Penasaran?

4. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi kentang juga bisa menjadi salah satu cara alternatif diet. Pasalnya, kentang mengandung banyak serat dan nutrisi lainnya yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Tak jarang juga orang mengganti nasi dengan kentang untuk makanan pokok saat diet menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kentang juga mengandung serat dan protein yang mampu membuat perut terasa kenyang.

Baca Juga: Catat 5 Makanan Penurun Asam Urat Tinggi Alami yang Mudah Didapatkan

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang untuk kesehatan lainnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kentang mampu menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.

Namun, pastikan Anda memasak kentang dengan cara yang sehat. Sehingga tidak menghilangkan manfaat dari ketang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×