kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Kamis, 08 Desember 2022 / 11:39 WIB
Kenali 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!
ILUSTRASI. Manfaat buah ceri untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah ceri untuk kesehatan nampaknya tidak sepopuler jenis buah lainnya. Padahal, buah ceri atau yang identik berwarna merah tersebut mempunyai berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Banyak manfaat buah ceri untuk kesehatan tak lepas dari banyak pula kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, seperti serat, protein, vitamin C, vitamin K, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, buah ceri mempunyai rasa manis yang khas. Tak jarang juga buah ceri sering diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya yang paling populer adalah kue.

Baca Juga: Prediksi Bali United vs Bhayangkara FC dan Jadwal BRI Liga 1

Lalu apa saja manfaat buah ceri untuk kesehatan?

Melansir dari Medical News Today, simak beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan berikut ini:

1. Mencegah Peradangan

Salah satu manfaat buah ceri yang cukup penting adalah mampu mencegah peradangan. Peradangan sendiri adalah salah satu respon alami tubuh terhadap penyakit atau cedera. Dalam jangka pendek, itu bisa membantu. Namun sebalinya, peradangan jangka panjang juga dapat membahayakan kesehatan.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah ceri secara rutin mampu membantu mengurangi peradangan sehingga tidak akan berlansung lama atau menyebabkan kronis.

Baca Juga: Catat! 5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

2. Mengatasi Asam Urat

Buah ceri mengandung sifat antiinflamasi yang juga dapat membantu mengatasi asam urat. Umumnya, asam urat tinggi menimbulkan gejala sakit di area persendian yang diakibatkan adanya peradangan.

Dilansir dari Medical News Today, Satu ulasan 2018 menyatakan bahwa konsumsi ceri dapat membantu seseorang mempertahankan kadar asam urat dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada dasarnya mengkonsumsi buah-buahan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk buah ceri. Namun, lebih spesifiknya mengkonsumsi buah ceri dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Hal tersebut dikarenakan, buah ceri mampu menurunkan tekanan darah dan berbagai risiko atau gejala penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

4. Memperbaiki Pola Tidur

Manfaat buah ceri selanjutnya yaitu dapat membantu memperbaiki pola tidur. Pasalnya, Buah ceri adalah salah satu sumber melatonin yang dapat mempengaruhi tidur dan suasana hati.

Sehingga mengkonsumsi buah ceri dapat bermanfaat bagi Anda yang menderita insomnia atau berbagai masalah tidur lainnya.

Baca Juga: PSM Makassar vs Persita Tayang 15.15 WIB, Simak Jadwal BRI Liga 1 Lainnya

5. Memulihkan Otot

Manfaat buah ceri lainnya adalah mampu mempercepat pemulihan otot. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sering melakukan olahraga karena bisa meminimalisir risiko cedera.

Dilansir dari Medical News Today, mengkonsumsi buah ceri sebelum olahraga mampu meningkatkan daya tahan seseorang selama berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×