kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Rabu, 07 Desember 2022 / 12:45 WIB
Catat 5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!
ILUSTRASI. Manfaat daun sirih untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak heran daun sirih kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Bahkan, manfaat daun sirih untuk kesehatan sudah diketahui sejak zaman neneng moyang. Pasalnya, daun sirih kerap dijadikan ramuan berbagai jenis obat herbal dan tradisional.

Banyaknya manfaat daun sirih untuk kesehatan tak lepas pula dari kandungan nutrisi di dalamnya. Di antaranya seperti vitamin A, vitamin B, protein, serat, kalsium, zat besi dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan, Yuk Cek!

Lantas apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan?

Melansir dari Stylecraze, berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan:

1. Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat daun sirih untuk kesehatan di antaranya mampu mencegah diabetes atau penyakit gula darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan daun sirih mengandungan senyawa yang mampu menurunkan kadar glukosa darah dan menghambatkan penyerapan glukosa.

Daun sirih juga mengandung berbagai polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini bermanfaat untuk melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Simak 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Cek!

2. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Manfaat daun sirih untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kesehatan gigi. Selain itu, daun sirih juga mengandung banyak nutrisi yang mampu mencegah infeksi mulut. 

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tak berhenti disitu daun sirih juga mampu mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut dikarenakan daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Sehingga daun sirih cukup efektif untuk mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Belanda vs Argentina Tayang 02.00 WIB, Jadwal dan Top Skor Piala Dunia 2022

4. Meredakan Batuk

Manfaat daun sirih untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu meredakan batuk. Daun sirih kerap direndam dalam minyak mustard, dihangatkan, dan dioleskan ke dada untuk meredakan sesakl di paru-paru dan meredakan batuk.

Jus daun sirih dengan madu juga bisa diberikan pada anak untuk menghilangkan dahak dan batuk basah, berkat rasanya yang hangat dan pedas.

Baca Juga: Cara Membuat Instafest Spotify Berisi Line Up Festival Musik yang Viral di Instagram

5. Mengurangi Risiko Kanker

Daun sirih juga memiliki manfaat yang tak hebat yakni mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, daun sirih mengandung karsinogen, antioksidan dan antikanker. Kandungan tersebutlah yang berperan aktif untuk mengurangi risiko kanker. 

Demikian beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×