CLOSE [X]

Kenali 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Mudah Untuk Dicari

Kamis, 02 Juni 2022 | 11:37 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 5 Makanan Penurun Asam Urat yang Mudah Untuk Dicari

ILUSTRASI. Asam urat.


KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi makanan penurun asam urat merupakan alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam urat. Pasalnya, jika kadar asam urat berkurang atau menurun, hal tersebut juga memperkecil gejala dan perandangan sendi juga ikut menurun.

Terlebih jika dibarengi dengan menghindari makanan-makanan atau minuman tertentu yang berisiko membuat asam urat kambuh karena mengandung banyak purin. Contohnya seperti seafood, jeroan, alkohol dan lain-lain. 

Meski mengkonsumi makanan penurun asam urat memberikan banyam manfaat. Alangkah lebih baik untuk sambil berkonsultasi dan memeriksakan kondisi asam urat ke dokter supaya mempercepat penyembuhan.

Baca Juga: Hati-Hati! 5 Bahaya Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai

Melansir dari Health Central, berikut beberapa makanan penurun asam urat yang mudah untuk dicari:

Air Putih

Rasanya air putih termasuk salah satu yang paling mudah untuk dicari. Bahkan, air putih adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan harian selain dapat menurunkan asam urat. Cobalah untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 10-12 gelas per hari untuk menurunkan asam urat.

Buah Ceri

Makanan penurun asam urat selanjutnya yaitu buah ceri. Pada dasar semua buah baik untuk kesehatan tubuh. Namun, dilansir dari Health Central, buah diceri dipercaya lebih efektif dalam menurunkan kadar asam urat dan mengurangi risiko radang sendi.

Baca Juga: 3 Obat Herbal Prostat yang Perlu Anda Ketahui, Catat!

Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Minyak zaitun memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya dapat menurunkan asam urat tinggi. 

Pasalnya, minyak zaitun termasuk minyak yang dapat meredakan inflamasi atau peradangan yang diakibatkan oleh asam urat. 

Produk Olahan Susu

Makanan penurun asam urat selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis produk olahan susu. Pilih produk olahan susu yang mengandung banyak protein, rendah lemak dan gula. Contohnya, seperti keju atau yogurt sebagai pengganti daging atau seafood.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghaluskan Wajah, Mau Coba?

Sayur

Beberapa jenis sayuran tertentu juga bisa dijadikan sebagai makanan penurun asam urat loh. Contohnya, seperti bayam, jamur, kembang kol dan masih banyak lagi. 

Beberapa jenis sayuran tersebut disebut-sebut efektif dalam menurunkan asam urat serta mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh lainnya. Namun, Anda perlu berhati-hati karena ada beberapa sayuran yang mengandung banyak purin dan berisiko meningkatkan kadar asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru