kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Anda Waspadai


Rabu, 13 April 2022 / 13:09 WIB
Kenali 5 Gejala Kanker Payudara yang Perlu Anda Waspadai
ILUSTRASI. Gejala kanker payudara.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Untuk itu, Anda perlu mengetahui gejala kanker payudara, agar bisa melakukan penanganan sesegera mungkin.

Meski demikian, ada juga kanker payudara yang sama sekali tidak menimbulkan gejala terlebih dahulu. Oleh karenanya, Anda harus lebih waspada lagi dengan menjaga kesehatan. 

Selain itu, Anda juga harus sering cek kondisi kesehatan tubuh ke dokter. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker payudara. 

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur, Coba 6 Bahan Alami Ini

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa gejala kanker payudara yang perlu Anda waspadai: 

Warna kulit payudara berubah

Salah satu gejala kanker payudara adalah terjadi perubahan warna kulit di sekitar payudara. Gejala ini kerap terabaikan karena banyak orang mengira perubahan warna kulit hanya disebabkan oleh infeksi kulit biasa. 

Tekstur kulit payudara berubah

Tak hanya warna saja, jika tekstur kulit di sekitar payudara juga berubah, kemungkinan besar adalah gejala awal kanker payudara. Kulit di area payudara menjadi lebih kering, bersisik, hingga menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. 

Muncul memar di payudara

Selain tekstur dan warna kulit payudara yang berubah, gejala kanker payudara lainnya bisa ditandai dengan kemunculan memar-memar. Segeralah pergi ke dokter jika muncul memar kemerahan atau keunguan di payudara tanpa sebab.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Kepala Alami yang Bisa Jadi Alternatif, Bye Bye Nyeri

Puting mengeluarkan cairan 

Gejala kanker payudara lainnya adalah puting mengeluarkan cairan. Setiap orang mengeluarkan cairan dari puting yang berbeda-beda.

Itu sebabnya, Anda jangan sepelekan dan tetaplah waspada. Pasalnya, itu bisa jadi gejala kanker payudara yang dapat membahayakan tubuh Anda. 

Kelenjar getah bening bengkak

Jika kelenjar getah bening bengkak, Anda harus waspada. Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu gejala kanker payudara. 

Biasanya, jika kelenjar getah bening bengkak disebabkan oleh payudara, pembengkakan akan muncul di area sekitar ketiak. Meski demikian, tidak semua pembengkakan disebabkan oleh kanker payudara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×