Kenali 5 bahan alami dan manfaatnya untuk perawatan kulit

Minggu, 25 Juli 2021 | 12:00 WIB   Reporter: Rizka Noveliana
Kenali 5 bahan alami dan manfaatnya untuk perawatan kulit

KONTAN.CO.ID - Moms harus mengenali bahan alami dan manfaat yang terkandung dalam body care dipakai. Hal itu bertujuan agar anda tahu bahan alami yang mana cocok dengan masalah kulit anda.

Perawatan tubuh yang terbuat dari bahan alami memiliki manfaat yang baik dan aman untuk kulit. Untukk lebih jelasnya, berikut bahan alami yang sering dijadikan body care beserta manfaatnya :

1. Mawar

Bahan alami pertama yaitu mawar. Melansir dari cnfstore.com, bunga mawar bermanfaat untuk kesehatan kulit berkat kandungan minyak esensial yang menghasilkan keharuman lembut. Kandungan anti-inflamasi dalam bunga ini dapat mengurangi kemerahan pada kulit yang mengalami iritasi. Kaya akan antioksidan yang mampu memperkuat sel kulit dan astringent yang efektif membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Bunga mawar juga sering dijadikan sebagai parfum. 

2. Minyak zaitun

Telah banyak orang tahu bahwa minyak zaitun memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Zaitun mengandung tiga jenis antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari penuaan dini, yaitu vitamin E, polyphenols, dan phytosterols. Kerusakan kulit akibat radikal bebas juga mampu dicegah dengan kandungan hydroxytyrosol. Kamu bisa memperoleh khasiat zaitun melalui produk lulur, body butter, atau body oil. 

Baca Juga: 4 Cara mengatasi rambut rontok, bisa pakai bahan alami

3. Pepaya

Selanjutnya, ada pepaya yang sering dijadikan bahan baku body care. Pepaya memiliki kandungan vitamin C, A, E, pantothenic acid, magnesium, folate, dan enzim papain. Kandungan pepaya dalam produk body care memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, melembapkan kulit yang kering, dan mengangkat sel kulit mati. Rasakan manfaat buah pepaya untuk kesehatan kulit dengan menggunakan produk perawatan tubuh seperti body butter, body wash, dan lulur.

4. Kunyit

Kunyit, bahan baku masak yang sering ada di dapur memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin, yaitu antioksidan yang mampu mengatasi masalah kulit seperti luka bakar, stretch mark, psoriasis hingga hiperpigmentasi. Selain itu, kunyit juga bisa dijadikan sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati tanpa menimbulkan iritasi kulit. Kamu bisa merasakan khasiat alami dari kunyit dengan menggunakan produk body care seperti masker, body lotion, dan lulur. 

5. Bengkuang

Bengkuang juga salah satu bahan alami yang sering terkandung dalam produk body care anda. Bengkoang mengandung kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan dalam buah ini bisa membantu menyamarkan serta menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat yang mengganggu. Kandungan bengkoang bisa kamu jumpai pada produk sabun mandi, body lotion, scrub, dan lulur. 

Itulah bahan alami dan manfaatnya sering dijadikan body care. Dari bahan alami di atas, bahan mana yang sering anda gunakan?

Selanjutnya: Alami dan Aman, 5 Bahan Ini Dapat Memutihkan Kulit wajah

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru