kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 4 Penyebab Nyeri Dada Tengah yang Perlu Anda Waspadai


Jumat, 25 Maret 2022 / 04:11 WIB
Kenali 4 Penyebab Nyeri Dada Tengah yang Perlu Anda Waspadai
ILUSTRASI. Ilustrasi nyeri dada bagian tengah.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Penyebab nyeri dada bagian tengah kerap dikaitkan dengan penyakit jantung. Namun, perlu Anda ketahui nyeri dada tengah bisa disebabkan oleh hal lain, walaupun tidak sepenuhnya anggapan tersebut salah. 

Umumnya, nyeri dada tengah disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, sakit tenggorokan hingga rasa nyeri yang menjalar ke bagian tubuh lain. 

Jika mengalami gejala tersebut sebaiknya segera untuk pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda. Apalagi jika nyeri dada tengah yang Anda alami berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama. 

Baca Juga: Ini 6 Penyebab Mimisan yang Perlu Anda Ketahui, Hati-Hati Saat Mengupil

Pasalnya, jika nyeri dada tengah dibiarkan akan menjadi lebih parah dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin untuk melakukan pengobatan. 

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab nyeri dada tengah yang penting untuk Anda ketahui. 

1. Asma 

Asma bisa menjadi salah satu penyebab Anda mengalami nyeri dada bagian tengah. Nyeri dada tengah karena asma itu disebabkan oleh saluran pernapasan yang mengalami pembengkakan. Alhasil, Anda akan merasakan rasa nyeri dan sesak napas. 

2. Cedera Otot 

Adanya cedera atau masalah otot di bagian dada juga dapat menjadi penyebab nyeri dada tengah. Jika ada masalah otot di area dada, rasa nyeri tersebut akan menjalar ke seluruh bagian dada, bahkan area tubuh lainnya. 

3. Asam Lambung Naik 

Penyebab nyeri dada tengah selanjutnya adalah asam lambung naik. Asam lambung naik disebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD) yang merupakan masalah pencernaan yang di mana katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. 

Akibatnya asam lambung naik dan menimbulkan rasa nyeri dada tengah. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan, Kenali 5 Manfaat Mengkonsumsi Timun Bagi Kesehatan Ini

4. Tulang Rusuk Terluka 

Jika tulang rusuk Anda mengalami luka, hal tersebut bisa menimbulkan rasa nyeri dada tengah yang luar biasa. Contohnya, tulang rusuk Anda patah atu retak hal tersebut akan menimbulkan rasa nyeri yang menjalar ke area dada dan bagian tubuh lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×