kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 4 Bahaya dan Efek Samping Makan Kecubung, Buah yang Mematikan!


Jumat, 03 Maret 2023 / 11:59 WIB
Kenali 4 Bahaya dan Efek Samping Makan Kecubung, Buah yang Mematikan!
ILUSTRASI. Kenali 4 Bahaya dan Efek Samping Makan Kecubung, Buah yang Mematikan!


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui bahaya dan efek samping makan Kecubung. Tanaman ini menjadi salah tumbuhan yang memproduksi buah berbahaya yakni kecubung.

Buah kecubung Datura, juga dikenal sebagai jimsonweed, merupakan tanaman yang terkenal karena kandungan kecubung memiliki alkaloid yang dapat menyebabkan berbagai efek psikoaktif.

Buah kecubung Datura mengandung beberapa senyawa alkaloid, termasuk atropin, scopolamin, dan hyoscyamin, yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi.

Tumbuhan ini terkadang dikacaukan dengan tumbuhan Brugmansia, yang merupakan tumbuhan berbunga hias yang terkadang disebut terompet malaikat.

Baca Juga: Selain ganja, inilah daftar tanaman obat rekomendasi Kemtan

Bahaya dan Efek samping makan kecubung

Bunga-bunga pada banyak spesies Kecubung Datura juga berbentuk terompet, dan mungkin berwarna merah muda, putih, kuning, atau ungu.

Saat musim berbunga selesai, Datura menghasilkan buah kapsul yang dilapisi duri, sehingga dinamakan thornapple. Kecubung juga memiliki daun hias, dan tumbuh dengan baik di banyak iklim sedang.

Semua bagian tanaman datura mengandung alkaloid, seperti skopolamin, hyoscyamine, dan atropin. D. stramonium adalah salah satu tanaman Kecubung yang lebih umum di Amerika Serikat yang disalahgunakan untuk alasan rekreasi.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Cegah Hipertensi yang Sebaiknya Diketahui

Bahkan, pengguna Kecubung bisa halusinasi dari mengkonsumsi Datura bisa berlangsung selama dua hari, dan efek sampingnya cukup berbahaya.

Penyalahgunaan Kecubung secara rekreasi menjadi populer pada 1990-an dan awal 2000-an, yang menyebabkan peningkatan laporan kematian overdosis dan keracunan.

Bahan kimia yang ditemukan di sebagian besar spesies datura dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman, halusinasi, perilaku yang tidak biasa, gangguan mood, dan overdosis.

Bagian Kecubung Digunakan Dalam Formulasi Obat

Mengutip dari Net Meds, Tanaman Kecubung secara keseluruhan memiliki beberapa sifat yang khas antara lain antispasmodik, analgesik, perangsang ngantuk, ekspektoran, sedatif, hipnotis, memabukkan, perangsang rahim dan bronkodilator.

Karena beberapa khasiat terapeutiknya, seluruh tanaman, baik itu daun, biji, akar, atau buah segar atau kering, Datura telah mengukir jalannya dalam banyak pengobatan tradisional dan alternatif.

Biji datura bila digunakan dalam bentuk mentah sangat berbahaya dan beracun, oleh karena itu sebelum digunakan dalam formulasi apapun, biji datura memerlukan serangkaian prosespemurnian, untuk mendetoksifikasi efek berbahaya.

Sehingga dapat mengurangi tingkat toksisitas dalam tubuh manusia dan untuk mempromosikan nilai terapeutik dari bagian tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dengan Bahan Alami

Efek samping makan Kecubung

Beberapa bahaya makan kecubung Datura adalah sebagai berikut dilansir dari Sunrise House.

1. Efek samping makan kecubung secara psikoaktif

Kandungan alkaloid pada buah kecubung Datura dapat memengaruhi sistem saraf pusat, menyebabkan efek psikoaktif seperti halusinasi, delirium, dan kebingungan.

Efek ini dapat berlangsung selama beberapa hari dan sangat tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya.

2. Efek Samping saat tidak overdosis

Jika seseorang tidak overdosis pada Kecubung cenderung mengalami efek comedown, seperti mabuk, setelah obat dimetabolisme keluar dari tubuh. Tanda-tandanya antara lain:

Adapun efek yang timbul adalah depresi, Kecemasan, Perubahan suasana hati dan lekas marah, Photophobia, atau kepekaan terhadap cahaya

Bahkan, orang yang memakan bisa sampai dehidrasi hingga kesulitan berbicara atau memahami bahasa

3. Efek samping makan kecubung dari sisi kesehatan

Konsumsi buah kecubung Datura dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan tekanan darah, denyut jantung yang tidak teratur, gangguan pencernaan, dan masalah pernapasan.

Beberapa kasus orang yang makan Kecubung atau datura dilaporkan meninggal dunia.

4. Efek samping makan kecubung untuk jangka panjang

Penggunaan jangka panjang buah kecubung Datura dapat menyebabkan kerusakan organ dan kerusakan saraf.

Bahkan Penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan ketergantungan dan penarikan, sehingga penggunaan buah kecubung Datura sebaiknya dihindari.

Karena bahaya yang terkait dengan buah kecubung, penting untuk menghindari konsumsi atau penggunaan tanaman ini.

Jika Anda mengalami gejala setelah salah makan kecubung, segera mencari bantuan medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Demikian beberapa informasi bahaya dan efek samping makan Kecubung yang perlu diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×