kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkes Bocorkan Panduan Diet Cepat Kurus, Cek Caranya!


Jumat, 10 Februari 2023 / 08:36 WIB
Kemenkes Bocorkan Panduan Diet Cepat Kurus, Cek Caranya!
ILUSTRASI. Diet yang tepat akan memberikan manfaat terhadap kebugaran, kesehatan, status gizi, dan berat badan ideal.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Berdasarkan Ilmu Gizi, Makanan dan Dietetik, pengertian diet bukanlah pantangan atau larangan makan saja, namun lebih menekankan secara luas pada pengaturan pola makan individu terhadap jenis dan jumlah bahan makanan yang diperbolehkan, dibatasi/dihindari dan yang tidak diperbolehkan serta frekuensi dan waktu makan. 

Pengaturan pola makan (diet) ini akan berbeda-beda untuk setiap orang karena tergantung pada kondisi fisik dan klinis, umur, tinggi badan, berat badan, kesukaan dan alergi makanan, hasil pemeriksaan laboratorium atau medical check up dan keadaan sosial ekonomi masing-masing.

Diet yang tepat akan memberikan manfaat terhadap kebugaran, kesehatan, status gizi, berat badan ideal dan penyembuhan penyakit pada pasien yang dirawat. 

Artinya baik pasien yang ada di rumah sakit maupun kita yang sehat, membutuhkan diet yang sesuai dengan kondisi unik setiap individu agar tercapai derajat kesehatan dan status gizi yang optimal. 

Panduan Diet Cepat Kurus

Melansir laman Kemkes.go.id, berikut adalah panduan diet cepat kurus dari Kementerian Kesehatan:

1. Konsumsi air putih sebelum makan.

Agar penurunan berat badan bisa berjalan lebih cepat, biasakan untuk minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan. Kebiasaan ini dapat mencegah Anda makan terlalu banyak dan membuat Anda merasa lebih kenyang.

Baca Juga: Selain Pegal pada Tengkuk, Ini 10 Gejala Utama Kolesterol Lain yang Kudu Diwaspadai

2. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut.

Makanan yang mengandung serat larut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat larut ini dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, brokoli, pir, wortel, apel, buah naga, jambu biji, biji bunga matahari, buah ara, dan oat.

3. Lakukan olahraga secara rutin.

Selain menjaga asupan makanan, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga apabila ingin menurunkan berat badan. Olahraga kardio dan olahraga yang melatih ketahanan tubuh, seperti angkat beban, merupakan pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

4. Tidur yang cukup.

Kualitas tidur yang buruk turut memberikan andil terhadap kenaikan berat badan, sehingga penting untuk memastikan tidur cukup setiap hari.

Baca Juga: 7 Buah Segar yang Bikin Kolesterol Jahat Minta Ampun




TERBARU

[X]
×