Kehilangan pendengaran jadi gejala baru infeksi Virus Corona? Cek faktanya

Senin, 19 Oktober 2020 | 14:10 WIB Sumber: BBC
Kehilangan pendengaran jadi gejala baru infeksi Virus Corona? Cek faktanya

ILUSTRASI. Infeksi Virus Corona sebabkan gejala baru berupa kehilangan pendengaran. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infeksi Virus Corona awalnya ditandai dengan gejala-gejala, seperti demam, sakit tenggorokan, dan muncul masalah di sistem pernapasan. Seiring berjalannya waktu, para ahli kesehatan menemukan gejala baru Covid-19, yaitu kehilangan pendengaran.

Mengutip dari BBC (bbc.com), seorang laki-laki asal Inggris berusia 45 tahun kehilangan pendengaran secara permanen setelah terinfeksi Virus Corona. Hal tersebut adalah kasus pertama yang berhubungan dengan Covid-19, meski ada infeksi virus lain, seperti flu.

Selain dibawa ke rumah sakit akibat infeksi Virus Corona, pasien tersebut dilaporkan juga memiliki penyakit asma. Ada banyak obat, alat bantu pernapasan, dan transfusi darah yang digunakan untuk mengobati pasien.

Melansir dari BBC, setelah satu minggu tidak menggunakan tabung pernapasan, telinga pasien berdenging dan fungsi telinga kiri hilang secara tiba-tiba. Hasil tes menunjukkan bahwa ada kerusakan, entah penyumbatan atau peradangan, di saraf pendengaran atau telinga bagian tengah.

Baca Juga: Awas, pemilik golongan darah ini lebih rawan terkena corona

Dokter belum bisa memberikan penjelasan tentang hilangnya kemampuan pendengaran tersebut kecuali karena penyakit Covid-19. Penggunaan steroid dalam bentuk tablet dan suntikan mampu mengobati sedikit masalah yang dihadapi pasien.

Tim dari University College London dan Royal National Throat, Nose, and Ear Hospital mengatakan bahwa diperlukan pengamatan lebih lanjut untuk mengidentifikasi masalah itu. Virus Corona masuk dan menginfeksi sel tertentu yang ada di paru-paru melalui reseptor.

Baca Juga: Hati-hati, risiko kesehatan tetap membayangi orang yang sudah pulih dari Covid 19

Para peneliti mengatakan bahwa reseptor yang sama juga ada pada sel yang terletak di telinga bagian tengah. Mereka merekomendasikan agar petugas medis mewaspadai komplikasi pendengaran pada pasien Covid-19 agar bisa memberikan perawatan yang tepat.

Masyarakat diharap bisa menerapkan protokol kesehatan untuk memutus penularan Virus Corona. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang. Jika terpaksa melakukannya, jaga jarak, pakai masker dengan cara yang benar, dan jaga kebersihan tangan.

Selanjutnya: Memiliki gejala yang khas, berikut gejala virus corona pada lansia dan komorbid

Editor: Belladina Biananda


Terbaru