kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Melonjak, Begini Cara Akses Layanan Telemedicine Isoman bagi Pasien Omicron


Selasa, 25 Januari 2022 / 23:15 WIB
Kasus Melonjak, Begini Cara Akses Layanan Telemedicine Isoman bagi Pasien Omicron


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan menyediakan layanan telemedisin isolasi mandiri alias isoman bagi pasien varian Omicron. Begini cara mengakses layanan telemedicine tersebut.

Melalui layanan telemedicine isoman, pasien varian Omicron bisa mendapatkan layanan telekonsultasi dan paket obat gratis dari Kementerian Kesehatan. 

Layanan telemedisin isolasi mandiri bisa pasien akses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. Saat ini, Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine.

Yakni, Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Untuk mendapatkan layanan telemedisin isolasi mandiri, pasien varian Omicorn harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan. 

Baca Juga: Waspada! Transmisi Lokal Mulai Mendominasi Kasus Omicron di Indonesia

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database NAR Kementerian Kesehatan, maka pasien akan menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis. 

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id. 

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin isolasi mandiri. 

Caranya: tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes RI atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis. 

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. 

Baca Juga: Segera Lakukan Tes Covid-19, Jika Rasakan 2 Gejala Varian Omicron Ini

Hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis. 

Obat gratis yang pasien dapatkan berupa:

  • Paket A untuk pasien tanpa gejala terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet
  • Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg - 40 tab  dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan). 

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, paket obat disesuaikan dengan resep dari salah satu dari 17 layanan telemedisin isolasi mandiri. 

“Sasaran layanan telemedisin isolasi mandiri perawatan Omicron adalah bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan, berusia minimal 18 tahun, kondisi rumah layak isoman, diperiksa di wilayah Jabodetabek, berdomisili di Jabodetabek,” katanya, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×