Kasus Covid-19 Baru Hampir 2.000, Ini Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 14:30 WIB Sumber: Kompas.com
Kasus Covid-19 Baru Hampir 2.000, Ini Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

ILUSTRASI. Kasus Covid-19 Baru Hampir 2.000, Ini Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kasus positif Covid-19 di Indonesia pada Juni 2022 kembali melonjak hingga mendekati 2.000 orang per hari. Bersamaan itu, perubahan musim menyebabkan penyakit flu rawan terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Simak cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah flu dan penularan Covid-19.

Flu dan Covid-19 sama-sama disebabkan oleh virus. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu upaya untuk mencegah infeksi virus.

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada tambahan 1.985 kasus baru corona pada Rabu (22/6). Dengan demikian sudah terdapat 6.072.918 kasus positif Covid-19 sejak pandemi corona terjadi Indonesia mulai Maret 2022.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus positif Covid-19 bertambah 687 orang sehingga menjadi sebanyak 5.904.825 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia bertambah 2 orang menjadi sebanyak 156.702 orang. Jumlah kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai 11.391 kasus, bertambah 1.296 dari sehari sebelumnya.

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kembali ke level ribuan mulai pertengahan Juni 2022 ini. Kemarin pada 21 Juni 2022 ada tambahan 1.678 kasus baru Covid-19 dengan korban meninggal 5 orang. Sebelumnya pada 20 Juni 2022 ada 1.180 kasus baru Covid-19. Kemudian jumlah korban meninggal akibat Covid-19 sebanyak 8 orang.

Mengutip Kompas.com, cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Seperti diketahui, tubuh membutuhkan asupan dan nutrisi agar punya bekal cukup untuk melawan virus penyebab flu dan Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Baru Dekati 2.000, Ini Kata Dokter untuk Bedakan Batuk Gejala Omicron

Beberapa asupan potensial menjadi makanan penangkal flu dan Covid-19 karena mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral tertentu yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kenali beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Makanan peningkat daya tahan tubuh

Kaldu

Makanan pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah kaldu. Dilansir dari Healthline, segala jenis kaldu, makanan yang menggunakan olahan kaldu sapi atau ayam, termasuk sup ayam, sangat baik dikonsumsi saat flu.

Selain menambah asupan cairan yang penting untuk menghidrasi tubuh saat flu, makanan hangat ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Yogurt

Makanan kedua untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah yogurt. Yogurt termasuk probiotik alami yang selama ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ternyata, makanan ini juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan.

Buah-buahan tinggi vitamin C

Makanan ketiga untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah-buahan tinggi vitamin C. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk ketika sakit flu.

Beberapa sumber alami vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan seperti stroberi, tomat, jeruk, anggur, dan blueberry.

Sayuran hijau

Makanan keempat untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah sayuran hijau. Segala jenis sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli, bayam, sawi, kangkung banyak mengandung vitamin C, E, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini penting untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu.

Oatmeal

Makanan kelima untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah Oatmeal. Oatmeal adalah salah satu makanan penangkal flu yang tidak banyak diketahui.

Padahal, makanan ini mengandung banyak vitamin E dan antioksidan polifenol serta serat beta-glukan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Buah kaya air

Makanan keenam untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah buah kaya air. Dilansir dari Cleveland Clinic, untuk melawan flu, tubuh juga butuh banyak cairan.

Anda bisa minum banyak air putih, wedang hangat, atau makan buah-buahan yang banyak mengandung air. Beberapa alternatifnya yakni air kelapa, semangka, blewah, melon, pepaya, atau jeruk yang segar sekaligus bernutrisi.

Bawang putih

Makanan ketujuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah bawang putih. Studi menunjukkan, makan bawang putih mentah juga bisa membantu meningkatkan kekebalan, termasuk untuk menangkal flu.

Jika Anda tidak tahan dengan rasanya yang tajam dan pedas, Anda bisa makan makanan yang dibumbui banyak bawang putih, atau campurkan bawang putih yang sudah digeprek ke dalam minuman hangat plus madu.

Rempah-rempah

Makanan kedelapan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah rempah-rempah. Jahe, kunyit, atau merica bisa membantu menghangatkan tubuh saat terkena flu. Selain itu, rempah-rempah ini juga berkhasiat sebagai penguat daya tahan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi rempah-rempah sebagai wedang, atau bumbu utama masakan yang dimakansehari-hari.

Itulah daftar makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah flu dan Covid-19. Jangan lupa untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru