kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapan Jam Sarapan Pagi Ideal? Ini Jaraknya dengan Makan Siang dan Makan Malam


Kamis, 02 Maret 2023 / 11:38 WIB
Kapan Jam Sarapan Pagi Ideal? Ini Jaraknya dengan Makan Siang dan Makan Malam
ILUSTRASI. Idealnya jam sarapan pagi dilakukan pada pukul 7 atau 8.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kapan jam sarapan pagi ideal? Hal itu mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian masyarakat Indonesia. 

Para ahli nutrisi menyatakan bahwa sarapan yang sehat adalah kunci memulai hari. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah membuat seseorang bisa berpikir dan bekerja lebih baik. 

Selain itu, jam sarapan pagi juga akan menentukan jam berapa seseorang akan makan siang. Untuk itu, kapan jam sarapan pagi ideal? 

Baca Juga: 7 Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Kolesterol

Kapan jam sarapan pagi ideal? 

Salah satu manfaat sarapan pagi adalah membuat seseorang bisa berpikir dan bekerja lebih baik.

Dirangkum dari laman Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menurut pendapat nutrisionist, Susie Burrel, tubuh memiliki periode dalam mencerna makanan. Selain itu, tubuh juga punya waktu sendiri untuk istirahat. 

Maka dari itu, jika seseorang ingin tetap sehat maka penting untuk mengatur jam makan. Sebab, tubuh manusia diatur menurut ritme sirkadian, yang berarti proses fisiologis dasar, termasuk hormon, dikendalikan menurut jam tubuh selama periode 24 jam.

Artinya tubuh diprogram untuk dilewati tanpa makanan (misalnya pada malam hari) dan ada kalanya tubuh berada pada fase mencerna dan metabolismenya sedang tinggi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Catat

Jadi, untuk memanfaatkan metabolisme alami tubuh maka sebaiknya lakukan sarapan sepagi mungkin. Idealnya jam sarapan pagi dilakukan pada pukul 7 atau 8.

Sarapan di pukul 9 atau 10 pagi sudah agak terlambat. Sebab, tubuh membutuhkan makanan setelah hampir tujuh jam kosong, sehingga Anda harus cepat-cepat mengisinya agar mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas.

Kadar glukosa dalam darah akan turun sekitar satu sampai dua jam setelah bangun tidur. Jadi, sarapan sebelum jam sembilan pagi adalah waktu yang ideal untuk memberikan otak dan tubuh Anda makanan.

Baca Juga: 4 Ramuan Berbahan Alami yang Bikin Asam Urat Tinggi Tumbang

Kapan waktu makan siang ideal? 

Sarapan di pukul 9 atau 10 pagi sudah agak terlambat.

Saat sudah sarapan di waktu tersebut, hindari terlambat makan siang karena dapat membuat Anda kekurangan energi. Pada dasarnya, tubuh perlu untuk selalu diisi setiap empat sampai lima jam sekali. 

Jadi, jangan heran jika Anda sudah merasakan lapar atau perut berbunyi ketika empat jam setelah sarapan. Anda bisa menyiasatinya dengan ngemil camilan sehat untuk mengganjal perut yang lapar.

Selain itu, lebih baik memecah makan siang menjadi dua kali dalam porsi lebih kecil. Satu kali di pukul 11-12 siang, waktu berikutnya pukul 2-3 sore.

Baca Juga: 7 Jus Buah Penurun Darah Tinggi yang Murah dan Mudah Didapat

Untuk makan malam, sebaiknya dilakukan sebelum jam 8 malam, supaya tubuh punya cukup waktu untuk mencerna makanan yang masuk sebelum tidur. 

Bisa juga kita menikmati camilan di pukul 3-4 sore, kemudian disusul dengan makan malam porsi kecil di pukul 7 malam. Perlu diingat bahwa tidur dalam keadaan perut yang penuh tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Nah, bagi yang bekerja shift malam dan makan, maka tubuh tetap terprogram agar tidak membakar energi terlalu banyak dan cenderung menyimpannya. 

Demikian informasi mengenai jam sarapan pagi ideal untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×