kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadar Kolesterol Normal Wanita & Pria, Cek Obat Alami Kolesterol


Sabtu, 14 Januari 2023 / 05:30 WIB
Kadar Kolesterol Normal Wanita & Pria, Cek Obat Alami Kolesterol


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Berapa kadar kolesterol normal laki-laki dan wanita? Lalu apa saja obat kolesterol terbaik dari bahan alami?

Kadar kolesterol normal untuk laki-laki dan wanita adalah hal penting yang perlu diketahui saat ini. Di tengah gaya hidup tidak sehat, banyak orang mengalami kolesterol tinggi.

Mengetahui kadar kolesterol normal penting agar bisa melakukan tindakan jika kolesterol berada di level tinggi. Kolesterol tinggi harus diturunkan untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung.

Kadar kolesterol normal

Mengutip keterangan di website resmi Siloam Hospital, kadar kolesterol normal dapat dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia seseorang. Selain itu, kadar kolesterol normal juga bisa diukur berdasarkan jenis.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). HDL berfungsi mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat lemak).

Baca Juga: Berapa Jumlah Kolesterol Di Telur? Cek Obat & Kadar Kolesterol Normal Wanita-Pria

Sebaliknya, LDL adalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Selain LDL dan HDL juga terdapat lemak dalam bentuk lain yang disebut trigliserida.

Nah, berikut kadar kolesterol normal berdasarkan masing-masing jenis di atas:

1. Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik pada tubuh berperan untuk melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit jantung. Sehingga, semakin tinggi kadar HDL, maka akan semakin baik bagi kesehatan.

Kadar kolesterol normal untuk HDL yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung minimal 60 mg/dL. Dan apabila kadar HDL kurang dari 40 mg/dL tidak akan baik bagi jantung.

2. Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan nama dan sifatnya, kolesterol jahat sebaiknya ada di tingkat rendah atau setidaknya dapat ditoleransi oleh tubuh Anda, yaitu kurang dari 100 mg/dL.

Apabila tubuh memiliki tingkat LDL lebih dari 100-129 mg/dL, maka dapat berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, stroke, dan jantung.

3. Trigliserida

Selain LDL, tubuh juga dapat memproduksi lemak bernama trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sehingga, Anda disarankan menjaga kadar kolesterol normal pada trigliserida yaitu kurang dari 150 mg/dL.

Sementara, batas tinggi kadar trigliserida adalah 150-199 mg/dL, apabila kadarnya melebihi 200 mg/dL maka perlu diwaspadai.

4. Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari LDL, HDL, dan trigliserida per desiliter darah. Kondisi umum kadar kolesterol seseorang biasanya cukup dilihat dari kolesterol total dan HDL.

Apabila kadar kolesterol total kurang dari 200 mg/dL, maka masih di batas normal. Namun, jika sudah mencapai 200-239 mg/dL termasuk batas tinggi. Dan dikategorikan kolesterol tinggi bila lebih dari 240 mg/dL.

Kadar kolesterol normal seseorang tentunya berbeda-beda, tergantung dari apa yang dikonsumsi sehari-hari, atau bisa juga karena faktor keturunan. Sebelum melakukan tes kolesterol, Anda diharuskan berpuasa terlebih dahulu selama 9-12 jam.

Kadar kolesterol normal wanita dan laki-laki

Berikut kadar kolesterol normal pada laki-laki dan wanita berdasarkan usia

1. Kadar Kolesterol Normal Wanita Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal wanita dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

2. Kadar Kolesterol Normal Wanita Usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal wanita usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

3. Kadar Kolesterol Normal Laki-laki Usia Dibawah 19 Tahun

Kadar kolesterol normal laki-laki dibawah 19 tahun adalah kurang dari 170 mg/dL, dengan kadar LDL di bawah 110 mg/dL dan HDL di atas 45 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 200 mg/dL.

 4. Kadar Kolesterol Normal Laki-laki usia 20 Tahun dan Diatasnya

Kadar kolesterol normal laki-laki usia 20 tahun atau lebih adalah 125-200 mg/dL dengan jumlah LDL dibawah 100 mg/dL dan HDL di atas 40 mg/dL. Dikatakan kolesterol tinggi apabila kadarnya dalam darah mencapai lebih dari 239 mg/dL.

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami

Selain nanas, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat kolesterol terbaik untuk dicoba. Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut obat kolesterol terbaik dari bahan alami:

1. Bawang putih

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang pertama adalah bawang putih. Mengutip dari E Times, bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin. Senyawa itulah yang berfungsi untuk menurunkan jumlah kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Cukup kunyah beberapa siung bawang putih mentah di pagi dan malam hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol Anda akan menurun sehingga kondisi kesehatan bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat rambut jagung untuk kesehatan: menurunkan darah tinggi sampai asam urat

2. Ketumbar

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang kedua adalah ketumbar. Jika Anda mencari obat kolesterol alami, tidak ada salahnya untuk mencoba ketumbar. Jenis rempah itu mengandung banyak nutrisi yang mampu mengontrol jumlah kolesterol. Mulai dari antioksidan, vitamin A, hingga vitamin C.

Anda perlu merebus 2 sdt ketumbar dalam air selama dua menit terlebih dahulu. Selanjutnya, saring dan minum air rebusan itu. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu minum air rebusan itu secara rutin.

3. Kunyit

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang ketiga adalah kunyit. E Times merekomendasikan kunyit untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Anda hanya perlu minum segelas air yang sudah dicampur dengan ½ sdt bubuk kunyit di pagi hari.

Nantinya, jumlah kolesterol akan berkurang sehingga risiko penyumbatan darah dan penyakit jantung bisa berkurang.

4. Cuka apel

Obat kolesterol terbaik dari bahan alami yang keempat adalah cuka apel. Cuka apel termasuk salah satu obat kolesterol yang cukup efektif. Cobalah untuk mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdm cuka apel setiap hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah kolesterol akan turun dan menjadi lebih stabil.

Itulah kadar kolesterol normal berdasarkan jenis serta pada wanita dan laki-laki sesuai usia. Gunakan obat alami kolesterol untuk mengembalikan kolesterol ke level normal. Obat kolesterol alami ini adalah obat alternatif yang tidak bisa menggantikan obat dokter. Hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×