HOME

Kacang mete bisa menyebabkan asam urat?

Sabtu, 23 Mei 2020 | 07:33 WIB Sumber: Kompas.com
Kacang mete bisa menyebabkan asam urat?

ILUSTRASI. Pekerja memperlihatkan kacang mete yang selesai disortir di salah satu rumah industri kacang mete di Kecamatan Biring Kanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/3/2019).

KONTAN.CO.ID - Penderita asam urat perlu cermat memilih makanan yang rendah kandungan purin. Penyakit asam urat adalah efek samping dari kerusakan purin dalam darah. 

Melansir SF Gate, jika kadar asam urat terlalu tinggi dalam darah, asam urat bisa mengkristal dan menumpuk di persendian. Sehingga, timbul serangan nyeri tak tertahankan. 

Jika penderita asam urat bisa mengontrol makanan yang mengandung purin, penyakitnya bisa mereka kendalikan. Makanan yang banyak jadi pertanyaan soal kadar purinnya adalah kacang mete atau kacang mede. 

Baca Juga: Ini kadar gula darah normal dalam tubuh yang harus Anda miliki

Apakah benar kacang mete menyebabkan asam urat naik? 

Mengutip Live Strong, pantangan penderita asam urat adalah makanan dengan kadar purin antara 150 sampai 825 miligram purin per 100 gram. 

Asupan yang mengandung 50 miligram hingga 150 miligran purin per 100 gram termasuk makanan dengan kadar purin sedang. Sedangkan kacang mete memiliki purin di bawah 50 miligram per 100 gram, sehingga kacang mete tidak tinggi purin. 

Studi pada 2007 yang dirilis di The British Journal of Nutrition juga pernah menguji efek samping konsumsi kacang mete tanpa garam pada penderita asam urat.

Baca Juga: Ini makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Hasilnya, orang yang mengonsumsi kacang mete dengan porsi 20% kalori hariannya tidak mengalami lonjakan kadar asam urat dalam darah. 

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru