Tips Sehat

Kabar gembira, berenang bisa membantu penyembuhan gangguan jantung

Rabu, 06 Januari 2021 | 15:08 WIB Sumber: Kompas.com
Kabar gembira, berenang bisa membantu penyembuhan gangguan jantung

ILUSTRASI. Rutin berenang juga membantu penyembuhan pasien yang telah terdiagnosis memiliki gangguan jantung.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Olahraga telah lama terbukti punya segudang manfaat kesehatan, begitu pula dengan olahraga berenang. Selain menjadi olahraga ideal untuk menurunkan berat badan, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan persendian, manajemen nyeri, dan meringankan gejala arthritis.

Nah, satu lagi manfaat berenang yang sayang kita lewatkan, yaitu menjaga kesehatan jantung. Bahkan, rutin berenang juga membantu penyembuhan pasien yang telah terdiagnosis memiliki gangguan jantung.

Tapi, bagaimana olahraga air ini membantu menjaga kesehatan jantung kita? Menurut pakar jantung Erik Van Iterson, berenang bisa dilakukan dengan aman jika Anda memiliki kondisi jantung yang stabil dan sedang memikirkan rehabilitasi jantung.

Baca Juga: Ada motorik halus dan kasar dalam perkembangan anak, apa bedanya?

Berenang untuk kesehatan jantung

Berenang telah lama terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Mereka yang rutin berenang, bahkan hanya dalam waktu singkat, bisa mendapatkan manfaat berikut:

  • meningkatkan jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh
  • meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen
  • menurunkan detak jantung
  • memperbaiki tekanan darah dan pernapasan
  • meningkatkan sirkulasi.

"Penelitian juga menunjukkan berenang bagus untuk jantung, bahkan jika Anda saat ini dalam rehabilitasi jantung setelah mengalami gangguan seperti serangan atau gagal jantung," ucap Van Iterson. Gerakan dalam berenang juga tidak menyulitkan persendian sehingga menjadi olahraga ideal bagi mereka yang mengalami radang sendi.

"Berenang dapat ditoleransi dengan baik oleh orang-orang yang sedang dalam pemulihan dari gagal jantung atau penyakit arteri koroner," tambah Van Iterson. Akan tetapi, Van Iterson mengatakan pasien bedah jantung terbuka tidak boleh menggunakan kolam renang sampai semua sayatan bedah sembuh dengan baik.

Baca Juga: Selain 3M, Berikut ini Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Era Pandemi Covid-19

Olahraga yang ringan dan mudah

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, Van Iterson mengatakan berenang juga bisa menjadi alternatif olahraga yang mudah dan ringan bagi penderita radang sendi dan mereka yang baru mencoba rutin berolahraga. "Berenang hanya memberi beban yang sedikit pada persendian daripada olahraga lain seperti bersepeda atau treadmill," ucap dia.

Untuk melakukan olahraga ini, kita tak perlu mempelajari teknik-teknik berenang yang sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Sekedar berjalan di air pun kita bisa memperolah manfaat serupa dengan olahraga berenang yang menggunakan gaya khusus. "Berjalan melintasi kolam sambil mengayunkan lengan dan menjaga punggung tetap lurus sudah memberi manfaat yang sama," ucap Van Iterson.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kabar Bahagia, Berenang Bantu Penyembuhan Gangguan Jantung.
Penulis: Ariska Puspita Anggraini

Baca Juga: Cara meningkatkan daya tahan tubuh saat kasus Covid-19 terus meningkat

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru