kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,58   6,98   0.70%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain 3M, Berikut ini Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Era Pandemi Covid-19


Sabtu, 26 Desember 2020 / 09:31 WIB
Selain 3M, Berikut ini Tips Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Era Pandemi Covid-19
ILUSTRASI. An X-ray of a patient suffering from the coronavirus disease (COVID-19) New Delhi, India, September 5, 2020. Picture taken September 5, 2020. REUTERS/Danish Siddiqui


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus penularan virus corona (Covid-19) melesat dengan cepat, berbanding lurus dengan bertambahnya daerah yang tidak mematuhi protokol kesehatan, penambahan jumlah testing dan momentum libur panjang. Lewat siaran pers Jumat (25/12), Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyoroti perilaku kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat yang mengendur.

Menurut data tim Satgas, kenaikan tertinggi kasus aktif dalam waktu yang tersingkat, terjadi pada periode bulan November hingga Desember. Kasus aktif meningkat 2 kali lipat hanya dalam waktu 1 bulan, dari dari 54.804 menjadi 103.239 kasus.

Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, harus dipatuhi benar oleh masyarakat. dr. David Ridarwan Liunanda, SpP, dokter spesialis paru (Pulmonologi) dari Mayapada Hospital mengingatkan, 3M juga sangat penting agar semaksimal mungkin, potensi masuknya virus Covid-19 ke tubuh manusia dapat diminimalisir.

Selain itu, David juga mengingatkan asupan makanan bergizi guna meningkatkan kekebalan tubuh. "Pada dasarnya makanan yang menyehatkan tubuh akan membuat paru juga sehat, supaya sanggup melakukan perlawanan terhadap kelainan yang terjadi termasuk infeksi paru (COVID-19, TB dll)," terang David kepada KONTAN, Senin (21/12).

Kepada KONTAN, David lantas memberikan sejumlah tips kesehatan bagi Anda guna meningkatkan imunitas tubuh dan juga kesehatan paru-paru kala melewati masa pandemi Covid-19 ini.

1. Pola tidur 
Guna meningkatkan imunitas tubuh, David menyarankan pola tidur yang cukup, yakni 6 jam hingga 8 jam per hari.

2. Olahraga
Berikutnya adalah rutin berolahraga. David menganjurkan Anda berolahraga 30-60 menit, minimal 1x dalam seminggu. Jenis olahraga seperti bersepeda, jogging, berenang dapat Anda lakukan, namun dengan menerapkan protokol menjaga jarak.

3. Asupan air
Jangan lupa memberi asupan air yang cukup bagi tubuh. Hitungan David, Anda setidaknya mengkonsumsi air berkisar 30 cc hingga 40 cc per kilogram berat badan.

4. Makanan sehat
Tidak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan adalah mengkonsumsi makanan sehat (nasi, daging, sayur, buah, susu) yang cukup dan teratur. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi multi vitamin, seperti vitamin dengan kandungan lengkap (A, B, C, D, E, mineral).

5. Tidak merokok
Tidak merokok aktif atau pasif baik yg konvensional maupun rokok elektrik, hindari menghirup asap dan bahan kimia yg berbahaya (menyemprot cat, asap knalpot, bakar sampah, serbuk logam pada pekerja tukang las dll), kalaupun karena pekerjaan harus pakai alat pelindung,

6. Mengatasi komorbid (penyakit penyerta)
Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengatasi komorbid atau penyakit penyerta seperti diabetes melitus, hipertensi, dislipidemi, dan lain sebagainya. Seorang dengan komorbid, berisiko mengalami kondisi lebih parah bila terinfeksi virus corona (Covid-19).

Menjaga kesehatan paru-paru

David juga mengingatkan, bagi pengidap asma harus memperhatikan kebersihan dari debu, asap (rokok, dll), bahan-bahan berbahaya, berobat dan kontrol teratur untuk menilai kemajuan asma.

"Asma yang tidak terkontrol akan menurunkan pertahanan paru melawan infeksi termasuk Covid-19," kata David.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×