Jus Penurun Kolesterol & Cara Lain Menurunkan Kolesterol Tinggi

Senin, 26 September 2022 | 08:57 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Jus Penurun Kolesterol & Cara Lain Menurunkan Kolesterol Tinggi

ILUSTRASI. Jus Penurun Kolesterol & Cara Lain Menurunkan Kolesterol Tinggi

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Sejumlah buah-buahan bisa dibuat jus sebagai penurun kolesterol. Tak hanya buah, ada cara lain untuk menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat.

Jus penurun kolesterol bisa dibuat sendiri dari buah-buahan tertentu. Jus penurun kolesterol ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kolesterol tinggi selain konsumsi obat dokter.

Kompas.com, memberitakan, kolesterol tinggi wajib diturunkan untuk mencegah sejumlah gangguan kesehatan. Menurut WebMD, contoh penyakit yang dapat Anda derita akibat kolesterol tinggi:

  • Tekanan darah tinggi: karena kolesterol tinggi bisa memicu peradangan dan pelepasan hormon tertentu.
  • Penyakit jantung: kolesterol tinggi menumpuk menjadi plak di dinding arteri koroner di jantung.
  • Stroke: plak kolesterol menumpuk dan mempersempit arteri sekitar otak, menyebabkan aliran darahnya terhambat.
  • Penyakit vaskular perifer: efek kolesterol tinggi yang memengaruhi aliran darah ke kaki Anda.
  • Disfungsi ereksi: kolesterol tinggi yang membentuk plak memicu penyempitan pembuluh darah kecil di penis ketika seharusnya meregang untuk memungkinkan ereksi.
  • Penyakit alzheimer: kolesterol tinggi dalam darah mempercepat pembentukan plak beta-amyloid (protein lengket yang merusak otak)

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Telah Memicu Jantung Koroner & Makanan Baik Untuk Penderita

Merangkum pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, berikutnya beberapa jus penurun kolesterol tinggi:

Stroberi

Jus penurun kolesterol tinggi yang pertama adalah jus stroberi. Melansir Good Housekeeping, stroberi mengandung banyak polifenol. Polifenol adalah salah satu senyawa yang bisa Anda temukan di bahan alami yang membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Tomat

Jus penurun kolesterol tinggi yang kedua adalah jus tomat. Jika Anda mencari cara menurunkan kolesterol, maka makan tomat secara teratur termasuk salah satu langkah yang perlu Anda coba. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat dalam tomat mampu menurunkan kolesterol jahat. Bukan cuma itu, tomat juga dipenuhi dengan nutrisi lain, misalnya, vitamin C.

Raspberry

Jus penurun kolesterol tinggi yang ketiga adalah jus raspberry. Raspberry, termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Alasannya karena segelas raspberry mengandung 8 g serat sehingga rutin mengonsumsi jenis buah itu dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat. Selain itu, mengonsumsi serat juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Apel

Jus penurun kolesterol tinggi yang keempat adalah jus apel. Sama seperti buah sebelumnya, manfaat apel itu berasal dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Untuk memaksimalkan efeknya, usahakan untuk mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya, ya.

Alpukat

Jus penurun kolesterol tinggi yang kelima adalah jus alpukat. Good Housekeeping merekomendasikan alpukat sebagai penurun kolesterol. Ada banyak nutrisi penting dalam alpukat yang baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Mulai dari lemak tak jenuh hingga serat.

Cara lain menurunkan kolesterol tinggi

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, berikut cara lain menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat:

1. Serat larut

Cara menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat yang pertama adalah perbanyak makan serat larut. Serat larut menurunkan penyerapan kolesterol dalam aliran darah Anda, sehingga bisa menurunkan kadarnya.

Jumlah serat harian yang direkomendasikan adalah:

  • Pria usia 50 tahun ke bawah: 38 gram
  • Pria usia di atas 50 tahun: 30 gram
  • Wanita usia 50 tahun ke bawah: 25 gram
  • Wanita usia di atas 50 tahun: 21 gram

Makanan sumber serta larut yang dapat mengatasi kolesterol tinggi meliputi: Jeruk: 1,8 gram Pir: 1,1-1,5 gram Persik: 1,0-1,3 gram Asparagus: 1,7 gram Kentang: 1,1 gram Roti gandum utuh (1 potong): 0,5 gram Oatmeal: 2,8 gram Kacang merah (175 mililiter): 2,6-3 gram

2. Psyllium

Cara menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat yang kedua adalah konsumsi psyllium. Psyllium adalah serat yang terbuat dari sekam biji tanaman plantago ovata. Anda bisa meminumnya dalam bentuk pil atau mencampurkannya ke dalam minuman atau makanan.

Mengambil psyllium secara teratur telah ditampilkan untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Ini juga mengurangi sembelit dan dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

3. Fitosterol

Cara menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat yang ketiga adalah fitosterol. Fitosterol adalah lilin yang berasal dari tumbuhan. Zat ini mencegah usus Anda menyerap kolesterol.

Fitosterol secara alami hadir dalam biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Produsen makanan mulai menambahkan pitosterol ke makanan siap saji, seperti margarin dan yogurt.

4. Kedelai

Cara menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat yang keempat adalah konsumsi kacang kedelai. Kacang kedelai dan makanan yang diproduksi dengan bahan ini dapat sedikit menurunkan kolesterol jahat.

Makanan yang mengandung protein kedelai, termasuk kedelai rebus, tempe, tahu, dan susu kedelai. Ini semua adalah sumber protein tanpa lemak. Berarti memakan kedelai dan produknya bisa menggantikan makanan berlemak, seperti daging sapi. Sehingga, makan kedelai dapat menjadi obat alami untuk mengatasi kolesterol tinggi dalam aliran darah Anda.

5. Bawang putih

Cara menurunkan kolesterol tinggi tanpa obat yang kelima adalah konsumsi bawang putih. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih selama 1-3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Studi lainnya tentang keamanan dan efektivitas bawang putih yang menjadi obat alami untuk mengatasi kolesterol tinggi menemukan bahwa efek itu hanya bersifat sementara.

Itulah jus penurun kolesterol secara cepat dan cara lain menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa obat-obatan. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru