Jus Lemon Bisa Mencegah Kerusakan Sel Sperma?

Jumat, 06 Januari 2023 | 17:26 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Jus Lemon Bisa Mencegah Kerusakan Sel Sperma?

ILUSTRASI. Jus lemon bisa mencegah kerusakan sel sperma.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. jus lemon kaya antioksidan yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Benarkah jus lemon bisa mencegah kerusakan sperma? 

Kesehatan dan kesuburan laki-laki menjadi hal yang penting untuk pasangan bila ingin memiliki keturunan. 

Baca Juga: Tidak Selalu Kanker, Ini 6 Penyebab Nyeri Payudara pada Perempuan

Mengutip dari Live Strong, National Institutes of Health melaporkan bahwa sekitar 15% pasangan tidak bisa memiliki anak setelah satu tahun mencoba. Dalam sepertiga kasus, masalah infertilitas terkait dengan laki-laki. 

Banyak hal yang bisa mempengaruhi ketidaksuburan laki-laki yakni kerusakan atau malformasi testis, sperma yang cacat, jumlah sperma yang sedikit, infeksi yang menyerang sperma, tumor, ketidakseimbangan hormon, dan pola makan yang buruk. 

Kabar baiknya, infertilisasi pada laki-laki bisa diatasi dengan banyak cara. Sebagian orang percaya bila jus lemon bisa meningkatkan kesuburan pada laki-laki, benarkah demikian? 

Jus lemon kaya akan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan, membantu mencegah atau mengurangi kerusakan sel dalam tubuh. 

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram jus lemon mengandung sekitar 12 miligram vitamin C. 

Hasil sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2016 oleh International Journal of Reproductive BioMedicine, laki-laki tidak subur seringkali mengalami penurunan kadar antioksidan dalam air mani. 

Peningkatan konsumsi vitamin C bisa membantu mencegah kerusakan sel sperma dengan meningkatkan jumlah antioksidan dalam air mani. 

Sebuah penelitian hewan yang diterbitkan pada tahun 2016 oleh Negerian Medical Journal menyebutkan bahwa vitamin C meningkatkan kadar hormon reproduksi dan motilitas sperma serta menurunkan sperma yang cacat.  

Namun masih dibutuhkan penelitian lainnya untuk mengetahui pengaruh jus lemon pada kesuburan laki-laki. 

Folat dan kesehatan sperma

Jus lemon mengandung beberapa vitamin, salah satunya vitamin B9 alias folat. Sekedar info, folat merupakan antioksidan yang terlibat dalam produksi DNA. 

Tinjauan literatur yang diterbitkan pada tahun 2017 oleh Jurnal Urologi menunjukkan bahwa folat bisa membantu meningkatkan produksi sperma pada laki-laki dengan jumlah sperma yang rendah. 

Jus lemon membunuh sperma

Jus lemon memang bisa meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma, namun jus lemon juga bisa membunuh sperma. 

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2016 oleh Agriculture and Natural Resources, ketika jus lemon dicampur dengan air mani, sperma langsung lumpuh dan berubah bentuk secara permanen. 

Temuan tersebut menunjukkan bahwa jus lemon bisa digunakan sebagai kontrasepsi alami di masa mendatang. 

Namun dibutuhkan banyak penelitian untuk mengetahui efektivitasnya. 

Baca Juga: Lokasi dan Cara Merangsang G-Spot Laki-Laki agar Lebih Puas Saat Berhubungan Seksual

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru