kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah Penderita Meningkat, Kenali Jenis-jenis Diabetes dan Cara Pencegahannya


Kamis, 03 Maret 2022 / 08:23 WIB
Jumlah Penderita Meningkat, Kenali Jenis-jenis Diabetes dan Cara Pencegahannya


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit diabetes sangat berbahaya. Jika tidak ditangani sejak dini, diabetes bisa merenggut nyawa penderitanya. 

Diabetes merupakan kondisi kronis yang memengaruhi cara tubuh menggunakan hormon insulin. Hormon insulin mengontrol seberapa banyak gula darah yang juga dikenal sebagai glukosa, dilepaskan ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. 

Penderita diabetes di Indonesia jumlahnya pun meningkat. Pada 2017 Indonesia menempati urutan ke-6 dari sepuluh negara dengan julah diabetes tertinggi, yakni 10,3 juta pasien per tahun pada 2017. 

Jika kesadaran masyarakat masih kurang akan diabetes, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, jumlah pasien diabetes di Indonesia, khususnya tipe 2, akan meningkat signifikan hingga 16,7 juta pada 2045. 

Baca Juga: Ini Cara Konsumsi Madu untuk Meredakan Asam Lambung

Penyakit diabetes bisa dikelola dengan menerapkan gaya hidup dan mengubah pola makan, atau pengobatan seperti insulin. Jenis diabetes Dilansir The Insider, seseorang yang memiliki diabetes berarti tubuhnya tidak dapat menghasilkan cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. 

Insulin diperlukan untuk memindahkan gula darah ke dalam sel, di mana insulin akan disimpan dan digunakan sebagai energi. Tanpa insulin, kondisi yang disebut hiperglikemia dapat terjadi. 

Hiperglikemia adalah kondisi di mana gula darah menumpuk di aliran darah, alih-alih masuk ke sel. 

1. Diabetes tipe 1 

Dari semua kasus diabetes, hanya 10 persen yang mengalami diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 paling sering didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Meskipun penyebabnya tidak diketahui, diabetes tipe 1 mungkin disebabkan oleh respons autoimun yang disebabkan oleh infeksi atau pemicu lainnya. 

Tubuh Anda secara keliru menyerang dan merusak sel beta di pankreas yang membuat insulin, sehingga sedikit atau bahkan tidak ada insulin yang diproduksi. Tidak banyak faktor risiko diabetes tipe 1, meskipun faktor genetik diyakini berperan. 

Baca Juga: Bisa Membantu Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Terong untuk Kesehatan




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×