kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika kepala terasa berat, mungkin ini penyebabnya


Jumat, 27 November 2020 / 17:15 WIB
Jika kepala terasa berat, mungkin ini penyebabnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang yang kerap mengalami kepala terasa berat. Hal tersebut terjadi karena ada beberapa masalah pada kesehatan Anda. Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya, Anda bisa lebih mudah melakukan perawatan yang tepat.

Gangguan Keseimbangan

Kepala Anda akan terasa lebih berat jika Anda mengalami pusing. Gejala tersebut menunjukkan bahwa keseimbangan tubuh Anda mengalami gangguan. Beberapa gangguan keseimbangan yang mungkin Anda alami adalah vertigo, penyakit meniere, dan vestibular neuronitis.

Myasthenia Gravis

Myasthenia gravis adalah penyakit lainnya yang menyebabkan kepala terasa berat. Myasthenia gravis adalah kondisi yang menyebabkan otot menjadi lebih lemah dari batas normal.

Selain kepala yang terasa berat, myasthenia gravis ditunjukkan dengan gejala otot leher yang mudah lelah. Selain itu, Anda juga akan kesulitan untuk berbicara, mengunyah, dan menegakkan kepala.

Baca Juga: Penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara cepat mengatasinya

Postur Tubuh yang Buruk

Faktor lain yang menyebabkan kepala Anda terasa berat bisa disebabkan oleh postur tubuh Anda yang buruk. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dengan postur yang benar.

Melansir dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), menundukkan kepala sekitar 15 derajat membuat kepala bertamabh berat hingga 27 pon. Sedangkan jika menundukkan kepala sebanyak 60 derajat membuat kepala terasa berat hingga 60 pon.

Sinus

Kepala terasa berat juga bisa dikarenakan oleh penyakit sinus. Kondisi tersebut terjadi saat saluran sinus membengkak karena ada bakteri atau virus yang terperangkap. Tekanan dan rasa sakit di bagian tersebut membuat kepala merasakan hal yang sama.

Tension Headache

Selain beberapa faktor di atas, salah satu tipe sakit kepala, yaitu tension headache, bisa membuat kepala terasa berat. Kepala Anda akan terasa tertekan dari segala sisi sehingga menyebabkan rasa sakit yang cukup parah.

Baca Juga: Gejala sinusitis bisa diredakan dengan pengobatan di rumah

Sakit kepala tersebut juga bisa membuat otot leher dan pundak menegang sehingga memperparah rasa kepala berat yang Anda alami. Biasanya, tension headache bisa hilang setelah 20 menit hingga dua jam.

Namun, jika rasa sakit tak kunjung hilang dalam jangka waktu lama, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Hal itu dilakukan untuk menghindari gangguan pada kondisi kesehatan tubuh Anda yang lainnya.

Selanjutnya: Gejala tumor otak berdasarkan lokasi kemunculannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×