Kesehatan Umum

Jenis makanan untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi

Rabu, 07 Oktober 2020 | 12:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Jenis makanan untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi

ILUSTRASI. Makanan untuk ibu hamil perlu diperhatikan.


KONTAN.CO.ID - Makanan untuk ibu hamil penting diperhatikan. Sebab, digunakan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam kandungan.

Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam makanan untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi setiap hari adalah asam folat, protein, kalsium, dan zat besi.

Makanan untuk ibu hamil

Saat menjalani masa kehamilan, konsumsilah makanan yang berasal dari sayur, buah, protein rendah lemak (lean protein), produk dari gandum utuh (whole grain), dan produk olahan susu (dairy product).

Mengutip dari Live Science, ibu hamil perlu fokus mengonsumsi buah dan sayur di trisemester kedua dan ketiga. Buah dan sayur mengandung sedikit kalori dan memiliki banyak serat, vitamin, dan mineral sehingga bisa mencukupi kebutuhan bayi.

Baca Juga: 5 Makanan ini baik dikonsumsi setelah melahirkan yang baik untuk ibu dan bayi

Agar pertumbuhan bayi semakin maksimal, ibu hamil bisa mengonsumsi lean protein yang ada dalam daging, ikan, telur, tahu, keju, dan susu. Di sisi lain, energi ibu hamil juga tetap perlu diperhatikan.

Kebutuhan itu bisa dicukupi dengan mengonsumsi whole grain. Whole grain, seperti oatmeal atau nasi cokelat, juga mengandung serat, zat besi, dan vitamin B sehingga kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayinya terjamin.

Makanan yang sebaiknya dibatasi

Makanan untuk ibu hamil sebaiknya tak mengandung kafein.

Selain mengonsumsi makanan untuk ibu hamil, juga perlu memerhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dibatasi. Live Science merekomendasikan, agar ibu hamil tak terlalu banyak mengonsumsi kafein dan ikan.

Sebaiknya, jangan mengonsumsi kafein lebih dari 200 mg tiap hari. Jika terbiasa mengonsumsi kafein lebih dari itu, dikhawatirkan kondisi kesehatan bayi akan terganggu. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, atau cokelat.

Meski jadi sumber lean protein, ibu hamil tetap perlu membatasi konsumsi ikan, apalagi yang mengandung merkuri. Contohnya adalah tuna putih.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 6 ons ikan tersebut tiap minggu. Soalnya, bisa mengganggu perkembangan otak bayi.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Makanan yang sebaiknya dihindari

Selama hamil, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi sama sekali, misalnya alkohol. Alkohol dalam darah ibu hamil bisa masuk ke tubuh bayi melalui tali pusar.

Jika ibu hamil mengonsumsi alkohol terus-menerus, dikhawatirkan kondisi bayi akan terganggu. Live Science mengatakan, kondisi fisik bayi bisa bermasalah. Begitu pula dengan tingkah laku dan kemampuan belajar.

Selanjutnya: 7 Makanan sehat yang baik untuk ibu hamil dan banyak mengandung nutrisi penting

Editor: Belladina Biananda


Terbaru