Kesehatan Umum

Jarang diketahui orang, inilah 4 manfaat ketan hitam

Selasa, 12 Januari 2021 | 08:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jarang diketahui orang, inilah 4 manfaat ketan hitam

ILUSTRASI. Salah satu manfaat ketan hitam adalah menurunkan berat badan Anda. Foto Dok Shutterstock


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka mengonsumsi ketan hitam? Ternyata, jenis salah satu jenis gandum utuh itu mengandung banyak manfaat, lo. Manfaat ketan hitam berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, seperti karbohidrat, protein, dan lain sebagainya.

Mengutip dari Live Strong (livestrong.com), Anda bisa mendapar 150 kalori, 1.5 g lemak, 33 g karbohidrat, dan 4 g protein dalam ¼ gelas ketan hitam. Tak berhenti sampai di situ, ketan hitam juga dipenuhi oleh serat yang bisa mencegah Anda dari sembelit dan gangguan pencernaan yang lain.

Orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 20 g hingga 35 g serat per hari. Dengan mengonsumsi ¼ gelas ketan hitam, Anda bisa mencukupi 9 g hingga 15 g serat tubuh per hari. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi ketan hitam secara rutin.

Selain mengandung nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan, ketan hitam juga cocok dikonsumsi oleh penderita anemia karena mengandung banyak zat besi. Anda bisa memenuhi 4% kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi ¼ gelas ketan hitam. Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat.

Baca Juga: Tidak ingin terkena asam urat? Hindari makanan dan minuman ini

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat ketan hitam adalah menjaga kesehatan jantung manusia.

Melansir Healhtline (healthline.com), ketan hitam mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang melibatkan 120 orang dewasa dengan kolesterol tinggi membuktikan hal itu.

Hasil penelitian menunjukkan jumlah kolesterol sehat atau HDL meningkat setelah mengonsumsi 80 mg kapsul antosianin (kandungan yang ada dalam ketan hitam) selama 12 minggu. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat ketan hitam selanjutnya berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker karena memiliki kandungan antosianin . Salah satu review yang dilakukan pada beberapa penlitian menunjukkan risiko kanker kolorektal menurun saat seseorang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antosianin.

Baca Juga: Mengenal Gochujang, saus pedas yang ada di kuliner khas Korea

Menjaga Kesehatan Mata

Healthline menyebutkan bahwa ketan hitam juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Lutein dan zeaxanthin, macam antioksidan dalam ketan hitam, berfungsi untuk menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya untuk retina mata.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat ketan hitam lain yang tak kalah penting adalah protein dan serat di dalamnya berguna untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk mengkombinasikan ketan hitam dengan nasi cokelat untuk dikonsumsi selama Anda menjalankan program diet.

Selanjutnya: Ini manfaat konsumsi buah kesemek untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru