Jantung sering berdebar? Manfaatkan 4 bahan alami ini untuk mengatasinya

Jumat, 27 Agustus 2021 | 12:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jantung sering berdebar? Manfaatkan 4 bahan alami ini untuk mengatasinya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jantung berdebar atau palpitasi adalah kondisi detak jantung yang lebih cepat daripada batas normal. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat jantung berdebar. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan detak jantung Anda meningkat. Mulai dari stres, dehidrasi, hamil, konsumsi kafein, atau faktor-faktor yang lain. Konsumsi jenis obat tertentu juga bisa menyebabkan kondisi yang sama.

Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan saran pengobatan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh. Ada beberapa jenis bahan alami yang mampu mengontrol detak jantung sehingga kondisi organ pemompa darah Anda dapat terjaga.

Salmon

Mengutip dari Nmami (nmamilife.com), salmon mampu menjaga kondisi jantung karena mengandung banyak asam lemak omega-3. Nutrisi itu efektif meredakan peradangan atau inflamasi sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Dengan begitu, detak jantung pun lebih stabil.

Baca Juga: Bagi yang Butuh, Ini 6 Cara Menangani Rasa Tidak Nyaman Akibat Stres

Apel

Apel adalah bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai obat jantung berdebar. Nutrisi-nutrisi penting yang terdapat dalam jenis buah itu mampu meredakan peradangan, mencegah penggumpalan darah, dan menurunkan kolesterol. Saat hal itu terjadi, kondisi jantung pun terjaga.

Alpukat

Alpukat termasuk dalam daftar obat jantung berdebar.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi alpukat baik untuk kesehatan jantung? Bukan tanpa alasan, alpukat memiliki banyak nutrisi yang penting untuk kondisi jantung. Mulai dari lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, vitamin, serta mineral yang lain.

Cara mengolah alpukat pun cukup mudah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, membuatnya menjadi smoothie, atau mencampurnya dengan bahan alami lain menjadi salad. Supaya efeknya lebih maksimal, usahakan untuk tidak menggunakan pemanis buatan, ya.

Baca Juga: Berdasarkan tipe, waspadai ciri-ciri penyakit jantung ini

Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga bisa dijadikan obat jantung berdebar, lo. Nmami mengatakan bahwa senyawa-senyawa yang terkandung dalam sayuran hijau baik untuk sistem vaskular secara keseluruhan. Sayuran hijau juga memiliki jenis serat yang mampu menurunkan jumlah kolesterol.

Ketika jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol, aliran darah menjadi lebih lancar. Nah, hal itulah yang membuat fungsi jantung lebih optimal. Akibatnya, detak jantung menjadi lebih stabil dan tidak sering berdetak lebih kencang daripada batas normal.

Selanjutnya: Ciri darah tinggi parah yang harus diwaspadai sejak dini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru