kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan sepelekan, ketahui 4 penyebab benjolan di ketiak


Kamis, 09 September 2021 / 12:02 WIB
Jangan sepelekan, ketahui 4 penyebab benjolan di ketiak


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang penuh pembuluh darah, saraf, dan kelenjar getah bening. Karena itu, Anda perlu waspada dan mengenali penyebab benkolan di ketiak.

Bukan tidak mungkin kondisi itu terjadi karena masalah kesehatan yang serius. Hanya, Healthilymengatakan, tidak semua benjolan merupakan tanda penyakit yang parah.

Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya. Apalagi bila muncul kondisi lain yang lebih serius.

Misalnya, suhu tubuh naik hingga lebih dari 38 derajat Celcius, tubuh menggigil, benjolan terasa sakit, dan tubuh terasa lelah meski tak melakukan banyak aktivitas.

Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya penyebab ini mendapat perawatan yang sesuai. Berikut, penyebab benjolan di ketiak:

Lipoma

Lipoma adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan benjolan lunak akibat penumpukan lemak di bawah kulit.

Setiap orang memiliki ukuran lipoma yang berbeda-beda dan biasanya tak menimbulkan rasa sakit. Anda tak perlu terlalu khawatir karena hal itu tak terlalu berbahaya.

Baca Juga: Waspada, 5 penyebab kanker payudara ini bisa Anda alami

Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Terdapat kelenjar getah bening di ketiak. Jenis kelenjar itu memegang peranan dalam sistem imun tubuh. Jadi, kelenjar getah bening bisa bengkak saat ada infeksi suatu penyakit.

Benjolan di ketiak yang terjadi karena pembengkakan pada kelenjar getah bening bisa hilang dengan sendirinya, kok.

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah memperbanyak waktu istirahat dan minum banyak air putih agar infeksi bisa teratasi dengan optimal.

Infeksi payudara

Infeksi pada payudara bisa jadi salah satu penyebab benjolan di ketiak.

Melansir Healthily, benjolan bisa muncul karena infeksi payudara. Infeksi awalnya menyebabkan inflamasi di jaringan payudara. Jika terus dibiarkan, inflamasi bisa menjalar ke kelenjar getah bening sehingga memunculkan benjolan.

Selain menyebabkan peradangan, infeksi payudara juga ditandai dengan warna kulit yang memerah. Anda membutuhkan antibiotik supaya benjolan tersebut bisa terobati dengan baik. Jadi, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat bisul alami, mudah Anda coba

Kista

Penyebab benjolan di ketiak berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah kista. Biasanya, benjolan yang muncul berair. Meski tidak terlalu berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, kista tetap menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Anda perlu segera merawatnya dengan cara yang sesuai supaya kista tidak infeksi dan menyebabkan masalah yang lain. Mengonsultasikan kondisi Anda dengan dokter bisa jadi pilihan tepat untuk menghindari infeksi.

Selanjutnya: 5 Penyebab kanker payudara yang sebaiknya Anda ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×