kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, 5 penyebab kanker payudara ini bisa Anda alami


Sabtu, 19 Juni 2021 / 14:00 WIB
Waspada, 5 penyebab kanker payudara ini bisa Anda alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Kanker payudara terjadi saat ada banyak sel dalam tubuh yang bermutasi dan sulit dikontrol. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda perlu memerhatikan faktor apa saja yang jadi penyebab kanker payudara.

Setiap orang mengalami gejala kanker payudara yang berbeda-beda. Bahkan, ada kasus di mana penderita kanker payudara tak mengalami gejala sama sekali.

Beberapa gejala yang biasanya terjadi adalah muncul benjolan di sekitar payudara dan ketiak, kulit di sekitar payudara iritasi, dan puting payudara terasa sakit.

Untuk benar-benar memastikan kondisi Anda, ada beberapa jenis pemeriksaan yang bisa Anda coba. Misalnya, MRI, biopsi, mammogram, dan ultrasound.

Salah satu cara untuk menghindari kanker payudara adalah dengan mewaspadai penyebabnya.

Aktivitas fisik rendah

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC mengatakan, wanita dengan tingkat aktivitas fisik rendah lebih berisiko mengalami kanker payudara.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk rajin olahraga. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai dan disesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Baca Juga: Banyak menyerang wanita Indonesia, ini cara mencegah kanker payudara

Alkohol

Mengonsumsi alkohol termasuk salah satu penyebab kanker payudara yang perlu Anda hindari. Menurut sebuah penelitian, risiko kanker payudara semakin tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah alkohol yang Anda konsumsi.

Cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk itu secara perlahan. Mulailah mengurangi konsumsi alkohol sedikit demi sedikit hingga akhirnya Anda benar-benar bisa menghindarinya. Jika Anda kesulitan, tak ada salahnya untuk meminta saran dari dokter.

Obesitas

Obesitas termasuk salah satu penyebab kanker payudara.

Obesitas jadi penyebab kanker payudara selanjutnya yang sebaiknya Anda hindari. Apalagi, saat usia Anda sudah tua atau telah mengalami menopause.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan lupa untuk menerapkan program diet sehat agar tak muncul risiko penyakit yang lain.

Baca Juga: Olahraga bisa mencegah kanker payudara, ini cara dan panduannya

Riwayat kesehatan keluarga

CDC mengatakan, riwayat keluarga yang pernah menderita kanker payudara atau kanker ovarium berpengaruh pada kesehatan Anda. Memang faktor itu tidak bisa Anda ubah, tapi dengan mengetahuinya Anda bisa lebih waspada terhadap kesehatan tubuh Anda sendiri.

Jenis terapi tertentu

Kanker payudara juga bisa Anda alami akibat jenis terapi tertentu yang Anda jalani, misalnya terapi hormon. Terlebih, saat terapi itu dilakukan dalam jangka waktu lebih dari lima tahun dan saat Anda sudah mengalami menopause.

Selanjutnya: Awas, inilah macam-macam penyebab menopause dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×