kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Lengah, Ini Ciri-Ciri Pra Diabetes yang Harus Diwaspadai


Sabtu, 19 Maret 2022 / 07:17 WIB
Jangan Lengah, Ini Ciri-Ciri Pra Diabetes yang Harus Diwaspadai
ILUSTRASI. Jangan Lengah, Ini Ciri-Ciri Pra Diabetes yang Harus Diwaspadai


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diabetes adalah penyakit yang membunuh secara pelan-pelan. Sebelum menjadi penyakit, kenali ciri-ciri pra diabetes.

Pra diabetes adalah kondisi di mana gula darah seseorang telah berada di atas batas normal, namun belum cukup tinggi untuk dianggap diabetes. Kemungkinan, gula darah seseorang menjadi lebih tinggi akibat tubuhnya mulai mengembangkan resistensi insulin.

Perlu diketahui, insulin adalah hormon yang diproduksi tubuh untuk memproses gula darah sehingga dapat digunakan oleh sel untuk energi. Nah ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin, kadar gula darah akan meningkat.

Jika tidak ditangani, pra diabetes bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dementia, kebutaan, dan komplikasi lainnya. Untungnya, pra diabetes bisa diobati dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup, sehingga kita masih bisa tenang.

Kendati demikian, ciri-ciri pra diabetes ini terkadang sulit diketahui. Jadi, berikut ciri-ciri pra diabetes yang perlu diwaspadai.

1. Kadar gula darah meningkat

Ciri-ciri pertama pra diabetes adalah terjadi kenaikan kadar gula dalam darah. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah kadar gula darah yang mengindikasikan pra diabetes atau diabetes:

  • Normal: di bawah 100 mg/dL'
  • Pra diabetes: 100 hingga 125 mg/dL
  • Diabetes: di atas 126 mg/dL

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Ini Cara Mencegah Batu Ginjal Agar Masa Tua Tetap Bahagia

Untuk mengukur kadar gula darah rata-rata seseorang selama dua atau tiga bulan terakhir, diperlukan tes A1C. Berikut ketentuannya:

  • Jika A1C di bawah 5,7 persen, artinya gula darah normal. Jika A1C antara 5,7 dan 6,4 perssen, artinya seseorang pra diabetes
  • Jika A1C menunjukkan 6,5% atau lebih tinggi, seseorang menderita diabetes.

Pengujian gula darah ini merupakan hal yang biasa dilakukan selama pemeriksaan medis rutin. Lalu perlu diingat, karena pra-diabetes memiliki ciri-ciri yang tidak terlihat, sebaiknya mereka yang telah mencapai usia dewasa melakukan tes diabetes secara teratur. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan terkait hal ini.

2. Tanda di kulit

Ciri-ciri kedua pra diabetes adalah kemunculan bercak di kulit. Menurut American Academy of Dermatology, penderita pra diabtes atau diabetes terkadang memiliki bercak kuning, coklat, atau kemerahan pada kulit yang mungkin dimulai dari benjolan yang menonjol (necrobiosis lipodica).

Ada pula bercak gelap pada kulit seperti beludru di leher, selangkangan, atau di tempat lain (acanthosis nigricans). Selain itu, penderitanya juga kemungkinan akan memiliki bercak keras dan menebal di jari tangan atau kaki, atau luka atau luka yang tidak kunjung sembuh.

3. Perubahan pada mata

Ciri-ciri ketiga pra diabetes adalah perubahan pada mata. Menurut Cleveland Clinic, beberapa orang dengan pra-diabetes dapat mengalami perubahan mata yang dapat menyebabkan retinopati diabetik.

Ya, diabetes dapat merusak pembuluh darah di mata, atau menyebabkan pembuluh darah baru tumbuh, yang dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan. Jadi, jika merasa penglihatan kabur, segera konsultasikan dengan dokter mata.

4. Sering buang air kecil atau haus

Ciri-ciri keempat pra diabetes adalah sering buang air kecil atau haus. Lebih sering haus atau buang air kecil dibanding biasanya bisa menjadi tanda pra diabetes atau diabetes.

Hal ini disebabkan karena seiring semakin bertambahnya gula dalam darah, semakin keras usaha tubuh untuk mencoba mengeluarkannya dengan meningkatkan produksi urin. Saat meninggalkan tubuh, gula menarik cairan dari jaringan lain, yang mungkin membuat kita dehidrasi dan haus.

5. Kelelahan

Ciri-ciri kelima pra diabetes adalah kelelahan. Orang dengan pra diabetes atau diabetes umumnya merasa lebih lelah dari biasanya. Hal ini disebabkan karena kondisi itu mencegah sel tubuh menggunakan gula darah sebagai energi, membuat kita merasa lelah.

"Temui dokter jika khawatir tentang diabetes atau jika merasa mengalami gejala diabetes tipe 2. Minta dokter untuk melakukan screening gula darah jike berisiko mengalami diabetes,” ujar Mayo Clinic.

Itulah berbagai ciri-ciri pra diabetes yang perlu diwaspadai. Mengenali ciri-ciri pra diabetes sejak dini memudahkan Anda mencegah penyakit yang mematikan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hati-hati, Ini Tanda Pra Diabetes yang Perlu Diwaspadai",

Penulis : Anya Dellanita
Editor : Wisnubrata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×