kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan khawatir, coba 4 obat radang tenggorokan anak ini


Kamis, 02 September 2021 / 09:15 WIB
Jangan khawatir, coba 4 obat radang tenggorokan anak ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti orang dewasa, anak-anak bisa mengalami radang tenggorokan. Terlebih saat sistem imun tubuh sedang lemah. Untuk mengatasi masalah tersebut, coba berikan beberapa obat radang tenggorokan anak dari bahan alami.

Penyebab radang tenggorokan yang biasa terjadi adalah infeksi virus. Namun, infeksi bakteri dan faktor lain juga bisa dialami oleh anak. Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah memerhatikan gejala radang tenggorokan.

Usahakan untuk memperbanyak waktu istirahat anak. Melansir Your Modern Family (yourmodernfamily.com), anak yang tidur kurang dari tujuh jam per malam lebih rentan terinfeksi penyakit. Maka dari itu, pastikan kualitas tidur anak terjaga selama sakit.

Tidak hanya itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Meski demikian, beberapa cara mengobati sakit tengorokan di bawah ini bersifat sementara, ya. Anda tetap perlu mengonsultasikan kesehatan anak dengan dokter supaya masalah lain yang lebih serius dapat dihindari.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan lendir di tenggorokan pakai bahan alami

Air Putih

Kemunculan dahak dapat memperparah radang tenggorokan. Maka dari itu, anak-anak perlu banyak minum air putih. Tujuannya supaya dahak lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Tak hanya itu, banyak air putih juga mampu menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Selain minum air putih, kuah sup juga bisa dijadikan obat tenggorokan sakit. Minta anak untuk mengonsumsi kuah sup dalam kondisi hangat. Tak hanya mencukupi kebutuhan cairan, nutrisi dalam kuah sup juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Madu

Madu jadi obat radang tenggorokan anak selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Bahan alami itu mampu melumasi tenggorokan sehingga rasa sakit berkurang. Cobalah untuk mencampur madu dalam segelas air lemon hangat.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi madu sebelum tidur juga bisa meredakan batuk. Dengan begitu, waktu istirahat di malam hari bisa lebih maksimal. Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun untuk menghindari alergi.

Baca Juga: Bahan mudah didapat, ini 5 cara menghilangkan batuk

Lemon

Lemon bisa Anda manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan anak.

Your Modern Family merekomendasikan lemon sebagai obat untuk radang tenggorokan yang perlu Anda coba. Minta anak untuk minum segelas teh herbal yang dicampur dengan air perasan lemon sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Air Garam

Tahukah Anda bahwa air garam bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan anak? Tidak hanya efektif meredakan inflamasi di bagian tenggorokan, air garam juga bisa membunuh bakteri yang memperaparah radang tenggorokan.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam cukup mudah. Pertama, campur 1 sdt garam dalam segelas air. Setelah teraduk rata, minta anak untuk berkumur dengan air garam tersebut selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai radang tenggorokan mereda.

Selanjutnya: 4 Obat amandel alami yang bahannya mudah didapatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×