Bahan mudah didapat, ini 5 cara menghilangkan batuk

Jumat, 27 Agustus 2021 | 11:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahan mudah didapat, ini 5 cara menghilangkan batuk

ILUSTRASI. Lemon, jahe, dan bahan alami yang lain dapat digunakan sebagai cara menghilangkan batuk.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk adalah salah satu respons alami tubuh saat ada benda asing yang menginfeksi. Sayangnya, kondisi itu bisa mengganggu aktivitas yang sedang Anda kerjakan. Untuk mengatasinya, Anda perlu mencoba beberapa cara menghilangkan batuk.

Merokok, asma, alergi, atau infeksi virus dan bakteri bisa jadi penyebab batuk. Sebenarnya, penyebabnya itu bisa hilang dengan sendirinya sehingga batuk bisa sembuh dalam waktu singkat. Sayangnya, ada beberapa kasus di mana batuk berlangsung lebih dari tiga hingga delapan minggu.

Tentu saja Anda perlu menghindari hal tersebut supaya tenggorokan tak iritasi dan terluka. Anda memang bisa menggunakan obat yang dijual di apotek. Namun, memanfaatkan beberapa jenis bahan alami juga bisa Anda lakukan.

Anda dapat memakai jahe, madu, kunyit, dan jenis bahan alami yang lain. Meski mudah didapat dan dipakai, jangan lupa untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika muncul kondisi lain yang lebih parah.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan lendir di tenggorokan pakai bahan alami

Lemon

Pharmeasy (pharmeasy.in) mengatakan bahwa lemon dipenuhi dengan vitamin C dan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, batuk dan sakit tenggorokan dapat teratasi dengan baik. Anda bisa mengonsumsi lemon dengan mencampurnya dalam air hangat.

Jahe

Bukan lagi jadi rahasia kalau jahe bisa dijadikan obat batuk. Senyawa dalam jenis rempah itu mampu memperlebar pembuluh darah dan membuat otot rileks sehingga saluran pernapasan lebih terbuka. Saat hal itu terjadi, frekuensi batuk pun berkurang hingga benar-benar hilang.

Jus Delima

Cara menghilangkan batuk berikutnya bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi jus delima. Antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri dalam jus delima mampu melawan infeksi virus penyebab sakit tenggorokan dan batuk.

Baca Juga: Inilah cara mengatasi flu tanpa minum obat-obatan apotik

Teh Kamomil

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan Pharmeasy untuk menyembuhkan batuk adalah teh kamomil. Cobalah untuk mengonsumsi jenis teh itu sebelum tidur supaya waktu istirahat di malam hari tak terganggu oleh batuk.

Madu

Salah satu cara menghilangkan batuk adalah memanfaatkan madu.

Bahan alami lain yang cocok dijadikan cara menghilangkan batuk adalah madu. Sama seperti bahan alami yang lain, madu mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan batuk.

Supaya efeknya lebih terasa, cobalah untuk mencampur 2 sdm madu dan 2 sdm air perasa lemon dengan air. Konsumsi campuran itu secara rutin sampai batuk benar-benar sembuh. Pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun karena bisa menimbulkan alergi.

Selanjutnya: Mudah didapat! Ini 7 bahan alami pereda radang tenggorokan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru