Tips Sehat

Jangan cuci buah dan sayur pakai sabun, walau ada wabah virus corona

Selasa, 31 Maret 2020 | 01:00 WIB   Reporter: kompas.com
Jangan cuci buah dan sayur pakai sabun, walau ada wabah virus corona

KONTAN.CO.ID - Di tengah pandemi global virus corona baru, tak henti-hentinya masyarakat diingatkan untuk menjaga kebersihan, baik diri maupun permukaan benda-benda sekitar.

Salah satu caranya dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Tapi, para ahli makanan melarang Anda membersihkan buah dan sayur dengan menggunakan sabun.

Kenapa? Benjamin Chapman, profesor dan spesialis keamanan makanan di North Carolina State University, mengatakan, meminum atau memakan makanan yang dicuci dengan sabun bisa menyebabkan mual dan gangguan pada perut.

Imbauan ini muncul karena video yang dipublikasikan Dr. Jeffrey VanWingen, dokter keluarga di Grand Rapids, Michigan, di YouTube pada 24 Maret lalu.

Baca Juga: Merusak selaput lendir hingga sebabkan iritasi, WHO ingatkan risiko bilik disinfektan

Dalam videonya, VanWingen menjelaskan mengenai cara-cara melindungi diri dari virus corona ketika harus bepergian ke luar untuk membeli makanan. Salah satu rekomendasinya: membersihkan makanan yang dibeli dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Tapi, tindakan itu justru bisa menimbulkan masalah pencernaan, seperti iritasi pencernaan ringan, mual, muntah, diare, dan sakit perut.

Menurut Chapman, itu lantaran buah dan sayur dapat menyerap sabun, yang kemudian akan ikut tertelan ketika Anda makan. Jadi, Anda cukup mencuci buah dan sayur dengan menggunakan air dingin mengalir, bukan dengan sabun.

Bagaimana dengan makanan yang dibungkus? Selain mencuci buah dan sayur dengan sabun, VanWingen juga menyarankan untuk membersihkan wadah makanan dengan disinfektan atau bahkan membuangnya.

Baca Juga: Jangan abaikan, ini 5 gejala ringan virus corona

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru