kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Coba Makan! Ini 5 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Dihindari


Selasa, 26 April 2022 / 10:11 WIB
Jangan Coba Makan! Ini 5 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Dihindari
ILUSTRASI. Merokok adalah salah satu pantangan ibu hamil.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Makanan yang dikonsumsi ibu hamil adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, ada beberapa pantangan ibu hamil yang perlu dihindari karena bisa membahayakan kesehatan.

Ibu hamil disarankan untuk menghindari pantangan dan tidak sembarang makan. Hal tersebut dikarenakan kondisi kesehatan saat mengandung berbeda dengan biasanya. 

Selain menghindari pantangan, ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi supaya kesehatan kandungan terjaga dengan baik. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mudik Lebaran

Tak hanya itu, Demi menjaga kesehatan sang bayi dan ibu yang mengandung juga jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Periksalah kondisi kehamilan secara rutin agar kesehatan tetap terjaga.

Melansir dari Healthline, ada beberapa pantangan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: 

Telur Mentah 

Pantangan ibu hamil yang pertama adalah telur mentah. Dilansir dari Healthline, telur mentah mengandung bakteri salmonella yang bisa menimbulkan risiko infeksi bagi janin. Meskipun jarang terjadi, hal tersebut tetap perlu diwaspadai. 

Makanan Cepat Saji 

Makanan cepat saji juga menjadi salah satu pantangan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut dikarenakan makanan cepat saji atau junk food mengandung nutrisi yang rendah sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun janin yang sedang dikandung. 

Baca Juga: Jangan Makan Sembarangan Saat Sahur dan Buka Puasa, Simak 5 Penyebab Diare Ini

Alkohol 

Minuman beralkohol adalah salah satu pantangan ibu hamil yang harus dipatuhi. Pasalnya, mengkonsumsi alkohol akan menghambat perkembangan otak sang bayi. 

Bahkan, parahnya mengkonsumsi alkohol saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran. 

Rokok 

Merokok juga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Oleh karena itu saat proses hamil usahakan untuk tidak merokok agar kesehatan janin tidak terancam. Selain itu, berhenti merokok juga baik untuk kesehatan tubuh. 

Kafein

Pantangan ibu hamil selanjutnya yaitu kafein. Salah minuman yang mengandung kafein yang banyak diminati adalah kopi. Maka dari saat hamil, kopi adalah salah minuman yang harus dihindari. 

Selain kopi, kafein juga ada dalam teh, cokelat, hingga minuman bersoda juga menjadi pantangan ibu hamil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×